Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga: Tren Suku Bunga Turun Beri Dampak Pembiayaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 22 November 2019, 07:14 WIB
Airlangga: Tren Suku Bunga Turun Beri Dampak Pembiayaan
Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Bank Indonesia memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate sebesar lima persen, dalam Rapat Dewan Gubernur periode November 2019.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memandang peluang BI untuk menurunkan suku bunga kebijakan cukup besar karena beberapa pertimbangan, seperti tren laju inflasi yang masih rendah di bawah target 3,5 persen.

Airlangga berharap tren penurunan suku bunga kebijakan BI 7 Days Repo Rate (RR) tersebut bisa memberi dampak kepada peningkatan pembiayaan kepada dunia usaha sebagai stimulus.

Ia juga berharap penurunan itu dapat mendukung berbagai kebijakan yang telah dirumuskan pemerintah untuk mendorong tingkat kesejahteraan masyarakat.

"Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tidak hanya memerlukan dukungan dari sisi fiskal, namun juga sisi moneter dalam hal ini pihak Bank Indonesia," kata Airlangga, dalam acara US-Indonesia Investment Summit, di Hotel Mandarin, Jakarta, Kamis (21/11).

Airlangga juga mengapresiasi langkah penurunan Giro Wajib Minimum (GWM) Rupiah oleh bank sentral untuk Bank Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah/Unit Usaha Syariah sebesar 50 basis poin menjadi masing-masing 5,5 persen dan 4,0 persen dalam upaya menjaga kecukupan likuiditas di pasar keuangan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA