Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gula Palma Berpotensi Ekspor, Kemenperin Tertantang Ciptakan Terobosan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 21 November 2019, 10:59 WIB
Gula Palma Berpotensi Ekspor, Kemenperin Tertantang Ciptakan Terobosan
Gati Wibawaningsih/Net
rmol news logo Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong industri kecil menengah (IKM) nasional untuk melakukan terobosan. Salah satunya dengan mengembangkan IKM gula palma, mengingat Indonesia merupakan negara pengekspor utama komoditas tersebut di dunia.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (22/11).

"Pengembangan yang sedang dilakukan, yaitu berbasis sistem informasi terpadu pada proses bisnis baik internal (vertical integration) maupun eksternal (horisontal integration) pada pelaku IKM atau koperasi gula palma untuk dapat meningkatkan efisiensi dan kemudahan telusur," kata Gati.

Ia menuturkan, panjangnya rantai pasok gula palma mulai dari perajin sampai eksportir cukup panjang, diyakini mampu menyerap banyak tenaga kerja dan bisa mengurangi penganguran dan menggerakkan roda perekonomian di daerah.

Gati menambahkan, sedikitnya ada lima daerah penghasil gula palma terbesar di Indonesia, antara lain kabupaten, meliputi Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen (Barlingmascakeb).

"Jumlah pengrajin gula terbesar di wilayah Barlingmascakeb mencapai 86.881 orang, di mana Kabupaten Banyumas menjadi kabupaten dengan jumlah pengrajin gula palma terbesar. Rata-rata perajin itu dapat memproduksi gula palma sebanyak 4,7 kilogram per hari yang berasal dari 16 pohon kelapa," papar Gati.

Gati juga menyatakan bahwa gula palma yang berbahan dasar gula kelapa merupakan komoditas yang mempunyai nilai ekspor tinggi dan terus meningkat. Per 2017, ekspor gula palma mencapai 25 ribu ton dengan nilai 42,6 juta dolar AS dan pada 2018 ekspor gula palma meningkat menjadi 35 ribu ton dengan nilai 52,5 juta dolar AS.
 
"Karena itu, untuk menjaga pasar utama dari negara pesaing yang sama-sama mengekspor komoditas tersebut, seperti Filipina dan Kamboja, Kemenperin terus mendorong para IKM ini agar memperhatikan kualitas gula palma dengan baik, sehingga tetap terjamin kualitasnya," demikian Gati. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA