Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kembangkan Ekonomi Syariah, BI Gandeng UMKM Hingga Pesantren

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 13 November 2019, 20:46 WIB
Kembangkan Ekonomi Syariah, BI Gandeng UMKM Hingga Pesantren
Gubernu BI Perry Warjiyo/Net
rmol news logo Indonesia adalah pasar paling potensial untuk mengembangkan potensi ekonomi dan keuangan syariah. Untuk itu, Bank Indonesia berkoordinasi dengan elemen pemerintah lainnya. Tujuannya berusaha mewujudkan potensi tersebut ke dalam langkah-langkah nyata.

Ditemui di sela-sela kegiatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) di Jakarta Convention Center, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (13/11), Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan pihaknya akan mengembangkan potensi pasar syariah Indonesia.

"Di Indonesia sekitar 40 persen dari ekonomi dan penduduk kita belum terkait dengan keuangan dan ekonomi syariah. Itu adalah pasar. Segmen itu perlu dikembangkan," ujarnya kepada wartawan.

Sementara untuk mengembangkan pasar tersebut, BI mengaku sudah memiliki rencana diantaranya dengan ikut serta membangun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pesantren, dan pariwisata berbasis syariah.

Menurut Perry, langkah nyata terkait dengan pengembangan UMKM adalah dengan bisnis matching.

"Kami pertemukan para UMKM Indonesia dengan buyer dari luar negeri. Di sini sekitar 25 negara terdiri buyer Jepang, Timur Tengah, Jedah," lanjutnya.

Dari penuturannya, saat ini BI telah memiliki 898 UMKM dan sekitar 250 pesantren yang dibina untuk mendukung ekonomi syariah ke depan, baik di bidang kerajinan hingga fesyen.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA