Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teten Masduki: 60 Juta UMKM Akan Jadi Koperasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 12 November 2019, 19:15 WIB
Teten Masduki: 60 Juta UMKM Akan Jadi Koperasi
Teten Masduki/Net
rmol news logo Kementerian Koperasi dan UMKM menyambut baik kebijakan pemerintah yang menurunkan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari 7 persen menjadi 6 persen. Pasalnya, dari 60 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada bisa menjadi koperasi.

Demikian disampaikan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki kepada wartawan di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (12/11).

"Ini akan memudahkan kerja KUR. Kami dari Kementerian Koperasi dan UMKM mulai melembagakan usaha mikro yang banyaknya ada sekitar 60 juta lebih," ujar Teten.

Menurut dia, seiring diturunkannya suku bunga KUR yang berpotensi menambah banyaknya UMKM itu memungkinkan untuk dikelompokkan. Karena itu Teten menilai perlu dijadikan koperasi dan sejenisnya.  

"Yang tidak mungkin kami bisa urus satu per satu (UMKM), juga nanti akan terjadi pengelompokan apakah dari koperasi dan yang lain," kata Teten.

Mantan Kepala Kantor Staf Presiden ini meyakini, diturunkannya suku bunga KUR berdampak positif bagi perkembangan UMKM di dalam negeri.

"Saya kira kebijakan KUR memang akan memberikan dampak pada pertumbuhan UMKM ditengah ekonomi global yang sedanh lesu sekarang. Karena sektor ini juga yang memang paling banyak penyerapan tenaga kerjanya," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA