Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bunga KUR Jadi 6 Persen, Menteri Edhy Yakin Penyerapan Sektor Perikanan Bakal Naik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 12 November 2019, 16:04 WIB
Bunga KUR Jadi 6 Persen, Menteri Edhy Yakin Penyerapan Sektor Perikanan Bakal Naik
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo/RMOL
rmol news logo Kebijakan penurunan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari semula 7 persen menjadi 6 persen diyakini bakal meningkatkan penyerapan KUR di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri KKP Edhy Prabowo mengatakan, pihaknya menargetkan KUR untuk nelayan khususnya pengolahan ikan diyakini bisa meningkat dua kali lipat seiring adanya penambahan plafon.

"Sektor kami, nelayan, aksesnya akan lebih banyak. Pembinaan kami akan rancang jadi para pelaku usaha di sektor ini yang perlu dan butuh akan lebih mudah diakses. Penyerapan kami targetkan bisa dua kali lipat," ujar Edhy di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (12/11).

Edy menegaskan, meskipun masih didapati sejumlah kendala, dia yakin bakal mencapai target tersebut. Salah satunya dengan memangkas sistem birokrasi yang ribet dan bertele-tele.

"Kendala memang ada selain pengetahuan nelayan juga adanya anggapan sektor ini masih sulit dijangkau. Makanya kami mau sederhanakan proses perizinan," tegasnya.

Lebih lanjut, politisi Gerindra ini memastikan apabila birokrasinya sudah disederhanakan dan dapat diakses secara mudah dan dimengerti oleh nelayan, turunnya suku bunga KUR akan dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Kalau ini sudah kondusif, perbankan bisa masuk. Yag paling penting target ini memudahkan pekerjaan mereka sehingga ada tercipta pekerjaan baru, penghasilan baru," demikian Edhy. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA