Bertemu Airlangga, Menteri Ekonomi AS Ingin Tunjukkan Komitmen Kerja Sama

Rabu, 06 November 2019, 19:35 WIB
Laporan: Faisal Aristama

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross/RMOL

Komitmen menjadi hal yang ditekankan dalam kerja sama bilateral di bidang investasi yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat dengan Indonesia.

"Saya dan delegasi menunjukkan komitmen pemerintah Amerika Serikat dan sektor swasta untuk bekerja sama dengan pemerintah Indonesia maupun sektor bisnis di Indonesia untuk 70 tahun yang akan datang lagi, atau bahkan lebih," ujar Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (6/11).

Sebagai negara Asia Tenggara, Indonesia menjadi salah satu mitra strategis AS pada sektor bisnis. Bahkan, Ross sebelumnya telah terlebih dahulu berkunjung ke negara Asia Tenggara lain, seperti Bangkok dan akan dilanjutkan ke Vietnam.

"Asia Tenggara merupakan salah satu mitra perdagangan kami, ini sangat penting bagi kami," sambungnya.

Di kesempatan tersebut, Ross mengaku telah membahas sejumlah hal terkait investasi kedua negara dalam pertemuan tertutup bersama Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto selama kurang lebih satu jam.

"Kita berdiskusi banyak hal, termasuk tentang berbagai macam isu sensitif. Saya rasa kita punya rencana yang bagus untuk ke depannya di tiap lini dan saya merasa amat tertantang dengan hal ini," papar Ross.

Lebih lanjut, Ross berharap kerja sama di bidang perdagangan antara Amerika dengan Indonesia dapat terus berlanjut. Termasuk, jika pemerintah Indonesia berinvestasi di negara Paman Sam itu.

"Kami juga menyambut baik investasi langsung di AS, kami mengundang menteri dan delegasi untuk datang ke Washington, US pada Juni," demikian Ross.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Minggu, 17 November 2019
Video

Mahasiswa Harvard Bubar Saat Dutabesar Israel Mulai kuliah Umum

Minggu, 17 November 2019
Video

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang

Minggu, 17 November 2019