Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertama Dalam Sejarah, Perusahaan Vietnam Dapat Primaduta Award 2019

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 17 Oktober 2019, 17:03 WIB
Pertama Dalam Sejarah, Perusahaan Vietnam Dapat Primaduta Award 2019
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memberikan Primaduta Award/Istimewa
rmol news logo Untuk pertama kalinya, perusahaan Vietnam mendapatkan penghargaan Primaduta Award dari Indonesia.

Toyota Motor Vietnam dan Vietnam Suzuki Corporation jadi dua perusahaan yang pertama kalinya mendapatkan Primaduta Award. Ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah Indonesia terhadap loyalitas dan komitmen importir dalam membeli produk Indonesia.

Bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Duta Besar RI untuk Vietnam Ibnu Hadi mewakili dua perusahaan tersebut menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ri Jusuf Kalla dalam acara pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) 2019, Rabu (16/10).

"Penghargaan ini merupakan sebuah capaian baru dalam hubungan bilateral RI-Vietnam yang tidak terlepas dari upaya kerja sama yang baik antara importir Vietnam dan eksportir produk Indonesia yang difasilitasi KBRI Hanoi," ungkap Ibnu Hadi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (17/10).

Kedua perusahaan importir Vietnam sendiri mendapatkan penghargaan untuk kategori Kelompok Pasar Utama. Yaitu produk manufaktur/industri dengan jenis produk yang diimpor adalah Automotive and Parts (Totoya Motor Vietnam) dan Rubber Mat (Vietnam Suzuki Corp).  

Setiap tahun, angka perdagangan Indonesia dan Vietnam terus meningkat dengan surplus di pihak Indonesia dalam tiga tahun terakhir.

Berdasarkan data General Statistics Office of Vietnam, periode Januari hingga September 2019 total perdagangan Indonesia dan Vietnam telah mencapai 6,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 92 triliun (kurs: Rp 14.171/dolar AS). Naik 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya senilai 6 miliar dolar AS atau Rp 85 triliun.

Untuk meningkatkan angka perdagangan dan mencapai target nilai perdagangan bilateral hingga 10 miliar dolar AS atau Rp 141 triliun pada 2020, KBRI Hanoi pada 2019 ini memfasilitasi 29 perusahaan Vietnam menghadiri Trade Expo Indonesia 2019 yang berlangsung dari 16 hingga 20 Oktober mendatang.

Perusahaan-perusahaan tersebut di antaranya bergerak di sektor perikanan, pertanian, farmasi, manufaktur/industri, garmen, dan furnitur. Sebagai informasi, komoditas ekspor andalan RI ke Vietnam antara lain kendaraan dan bagiannya, batu bara, mesin/peralatan listrik, lemak dan minyak nabati, juga kertas.
 
Selain Toyota Motor Vietnam dan Vietnam Suzuki Corp, Primaduta Award 2019 juga diberikan kepada 45 perusahaan lainnya dari 31 negara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA