Pemkot Tangsel Gandeng Bank BJB Kembangkan Tangsel Pay

Peluncuran Tangsel Pay/Net

Tangsel Pay merupakan aplikasi berbasis financial technology (fintech) yang akan digunakan Pemerintah Kota  (Pemkot) Tangerang Selatan.

Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika,  Tangsel Pay diluncurkan pada Selasa (8/10) di Gedung Balaikota Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan.

Walikota Tangerang Selatan, Direktorat Pencegahan KPK, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Direktur PT. Pembangunan Investasi Tangerang Selatan dan Direktur Utama bank bjb menghadiri acara tersebut.

Tangsel Pay, aplikasi pembayaran berbagi kebutuhan transaksi secara online, merupakan hasil inovasi pemerintah daerah guna memberi kemudahan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan konsep smart city.

Dalam pelaksanaannya, Pemkot Tangsel menggandeng bank bjb sebagai mitra untuk mensukseskan program pemerintah dalam mendorong transaksi keuangan non tunai ini.

Dalam aplikasi Tangsel Pay, pengguna bisa melakukan transaksi pembayaran pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2), bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) dan pajak daerah lainnya guna mengakomodir perluasan layanan penerimaan pemda secara non tunai.

Dalam praktiknya, bank bjb ditunjuk menjadi main account PT. Tangsel Solusi Indonesia (TSI) selaku pengelola atas seluruh pendapatan transaksi yang dilakukan di aplikasi Tangsel Pay. Selain itu, bank bjb dijadikan settlement bank serta rekening deposit agregator merchant untuk seluruh transaksi layanan pembayaran pajak dan retribusi lainnya.
 
Tangsel Pay akan menggunakan layanan digital bank bjb untuk pembayaran setiap transaksi di fintech pemda. Transaksi pembayaran juga bisa menggunakan berbagai macam produk e-money yang telah bekerja sama.

"bank bjb menerapkan konsep inovasi dan kolaborasi untuk menyikapi perkembangan teknologi yang dikembangkan oleh pemda dalam rangka melaksanakan transaksi non tunai atau elektronifikasi ini," ujar Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, M. As'adi Budiman.

Sebagai bank pembangunan daerah, terang As'adi, sudah menjadi komitmen bank bjb untuk senantiasa merespons perubahan zaman dengan menatap secara optimis setiap peluang dan tantangan yang ada di depan mata. Kami meyakini dengan kualitas dan kinerja sumberdaya yang ada, cita-cita Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk mewujudkan konsep smart city hanya tinggal menunggu waktu.

Sesuai rencana awal, aplikasi Tangsel Pay ini akan digunakan sebagai salah satu media transaksi non tunai. Nantinya dipergunakan oleh masyarakat serta PNS/ASN dilingkungan Pemda untuk kegiatan transaksi keuangan,  baik sebagai individu maupun kedinasan.
Tag:

Kolom Komentar


Video

Gempa Mamuju, Ustad Das\'ad Latif Nyaris Jadi Korban

Jumat, 15 Januari 2021
Video

Sebelum Mbak You, Arief Poyuono Sudah Ramalkan Kalabendu

Jumat, 15 Januari 2021
Video

BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan

Jumat, 15 Januari 2021

Artikel Lainnya

AS Larang Impor Kapas Dan Tomat Xinjiang Gara-gara Isu HAM, China: Ini Kebohongan Yang Dibuat-buat
Ekbis

AS Larang Impor Kapas Dan To..

16 Januari 2021 08:01
Positif Dan Momentumnya Pas, Merger Gojek-Tokped Bakal Untungkan UMKM Dan Konsumen
Ekbis

Positif Dan Momentumnya Pas,..

15 Januari 2021 11:12
Menuju Citarum Jernih, bank bjb Sebarkan 2,5 Ton Benih Ikan
Ekbis

Menuju Citarum Jernih, bank ..

14 Januari 2021 19:23
Penjelasan Lion Air Soal Penerbangan JT-684 Rute Jakarta-Pontianak Mendarat Di Batam
Ekbis

Penjelasan Lion Air Soal Pen..

14 Januari 2021 17:32
Ekspor China Melesat Naik Di Saat Dunia Darurat Corona
Ekbis

Ekspor China Melesat Naik Di..

14 Januari 2021 13:38
Tempe Instan, Cara Mudah Memproduksi Olahan Sendiri
Ekbis

Tempe Instan, Cara Mudah Mem..

13 Januari 2021 18:24
Peluang Usaha Baru: Eksis Dengan Usaha Kue Kering Berbahan Dasar Tempe
Ekbis

Peluang Usaha Baru: Eksis De..

13 Januari 2021 16:06
Tidak Tergantung Dengan Kedelai, Pengusaha Ini Sukses Dengan Bisnis Tempe Koro Dan Kacang Hijau
Ekbis

Tidak Tergantung Dengan Kede..

13 Januari 2021 13:43