Simonas, Aplikasi Bikinan Kominfo Untuk Pencari Kerja

Kamis, 05 September 2019, 19:31 WIB
Laporan: Raiza Andini

Peluncuran aplikasi Simonas/RMOL

Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan platform national talent pool Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertifikasi atau Simonas.

Platform digunakan kandidat pencari kerja dan perusahaan atau instansi yang memerlukan tenaga kerja.

"Isu nomor satu di Indonesia adalah masalah talenta SDM. Microsoft, Cisco kesulitan mencari teknisi, Saya akhirnya membuat program digital talent scholarship (DTS) di Indonesia. Tahun ini kita mulai dengan 1.000 peserta yang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi," ungkap Menteri Kominfo Rudiantara dalam peluncuran Simonas di Ruang Serba guna Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (5/9).

Menurutnya, ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi perhatian serius Pemerintah.

Bahkan di pesantren-pesantren nantinya juga akan ada Balai latihan kerja (BLK) untuk membekali para santri dengan keterampilan teknis.

Platform Simonas memungkinkan perusahaan mengakses profil kandidat yang berisikan informasi pengalaman kerja, portofolio, skill yang dikuasai, hingga sertifikasi keahlian pencari kerja, sehingga memudahkan perusahaan menyaring tenaga kerja kompeten.

Selain itu, perusahaan dapat menggunakan Simonas untuk melakukan talent scouting berdasarkan skill, lokasi, sekolah atau universitas terakhir, tingkat pendidikan, tema pelatihan yang diikuti, dan IPK.

Terdapat pula fitur mail antara perusahaan dan kandidat untuk memudahkan komunikasi dalam proses rekrutmen.

"Platform ini terbuka untuk umum, namun memberikan badge verifikasi terhadap lulusan program DTS serta informasi mengenai tema pelatihan yang diikuti,” tutup Kepala Badan Litbang SDM, Basuki Yusuf Iskandar.
EDITOR: DIKI TRIANTO
Tag:

Kolom Komentar


Video

Pesan Senator Jakarta untuk Pemprov Riau: Jangan Sombong

Rabu, 18 September 2019
Video

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN

Kamis, 19 September 2019
Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019