Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sejak Lama, Rizal Ramli Sudah Cium BPJS Kesehatan Bakal Bermasalah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 02 September 2019, 22:11 WIB
Sejak Lama, Rizal Ramli Sudah Cium BPJS Kesehatan Bakal Bermasalah
Ekonom senior Rizal Ramli/RMOL
rmol news logo Persoalan defisit yang dialami Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan saat ini ternyata sudah diprediksi sejak lama oleh ekonom senior Rizal Ramli.

Mantan Menko Perekonomian di era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini menjelaskan, indikasi persoalan BPJS terlihat dalam modal awal yang digunakan untuk membentuk BPJS tahun 2013 silam.

Berawal dari tahun 2011, ia bersama dengan serikat pekerja berjuang agar jaminan kesehatan bagi masyarakat dibuat pemerintah. Namun saat itu para pejabat Indonesia menolak BPJS dengan alasan tak memiliki anggaran.

"Setelah demo di DPR dan Istana waktu SBY presiden. Itu tahun 2013 (Dibentuk BPJS), tetapi pembiayaan awalnya atau modalnya itu dibikin pas-pasan sehingga tidak aneh pasti suatu waktu akan mengalami kesulitan finansial," kata Rizal Ramli dalam acara Fakta TVOne, Senin (2/9).

Soal lain yang mengindikasikan ketidakberesan BPJS adalah soal skema pembiayaan. Sejak awal, pembiayaan BPJS dilakukan denga skema iuran dari rakyat, pekerja, dan perusahaan.

"Pada saat itulah pengusaha pada lobi-lobi supaya iuran perusahaannya kecil. Sudah iuran peserta kecil, ditambah iuran pengusaha kecil, tidak aneh bakal kesulitan keuangan," tegasnya.

Prediksi RR benar saja. Satu tahun berjalan, banyak dokter, rumah sakit, hingga obat-obatan farmasi yang belum dibayar.

"Maslahanya ini setahun lebih enggak diurus, makin lama masalahnya makin besar. Tiba-tiba ada yang sok jagoan, panggil saja Tingkok. Emang bangsa Indonesia engga bisa beresin masalah dia sendiri?" tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA