Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Emil Salim: Bangun SDM Cara Jitu Serap Keuntungan Dari Perang Dagang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 19 Agustus 2019, 18:05 WIB
Emil Salim: Bangun SDM Cara Jitu Serap Keuntungan Dari Perang Dagang
Emil Salim/RMOL
rmol news logo Mantan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) era Presiden Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Emil Salim menilai Indonesia harus bisa mengambil manfaat dari momentum perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.  

Caranya, menurut Emil dengan menggenjot pembangunan sumber daya manusia.

"Human resource, intinya, kunci utamanya adalah human resource (SDM)," kata Emil yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini di Hari Ulang Tahun Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) di JDC, Slipi, Jakarta Barat, Senin (19/8).

Hal itu selaras dengan fokus pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang akan menekankan pengembangan SDM pada tahun 2020.

Emil menjelaskan, SDM yang digenjot ini akan mempengaruhi bagaimana Indonesia menghadapi perang dagang. Khususnya bonus demografi dimana generasi usia 15 tahun keatas jumlahnya mendominasi jumlah penduduk Indonesia saat ini.

"Mengapa SDM saat ini sedang digencarkan, karena bonus demografi, jadi usia 15 tahun keatas ini menggembung, sekali dalam seumur hidup bangsa, usia 15 tahun itu menggelinding menjadi 196 juta," ungkapnya.

Dengan ini Emil menegaskan saat ini lebih baik pemerintah fokuskan pada pengembangan SDM, dari pada pengembangan berwujud fisik.

"Jika otak itu berisi kesempatan untuk mendidik maka 5 hingga 10 tahun yang akan datang kita akan terbang menembus peringkat 5 besar. Jadi intinya jangan utamakan fisik namun SDM," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA