Pengusaha: Tax Amnesty Bisa Bikin Pengemplang Pajak Ketagihan

Kamis, 15 Agustus 2019, 03:33 WIB
Laporan: Aprilia Rahapit

Ilustrasi pengampunan pajak/Net

Asas keadilan dinilai harus diterapkan dalam kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty yang dikabarkan bakal kembali dijalankan pemerintah.

Hal itu disampaikan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dalam menanggapi tax amnesti di tengah rendahnya angka patuh pajak di Indonesia.

"Patuh pajak dalam arti kita mendorong orang untuk bayar pajak. Di satu sisi kita tidak mau menerima sifat kurang keadilan, ada yang bayar dan tidak," kata Ketua Komite Perpajakan Apindo, Siddhi Widyapratama di Hotel Millenium, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (14/8).

Kekhawatiran itu wajar mengingat selama ini wajib pajak yang tidak patuh masih diberikan kesempatan untuk mengungkapkan (disclose) harta, yang seharusnya diberikan hukuman.

Dengan adanya berkelanjutan, masyarakat wajib pajak akan cenderung menyepelekan kewajiban membayar pajak sesuai aturan.

"Gimana nanti kalau selanjutnya tax amnesty ada jilid dua, jilid tiga dan seterusnya? Kita yang sudah terdaftar di sini khawatir orang yang tadinya sudah patuh, coba patuh, lama-lama akan tergoda dalam sistem. Karena nanti yang patuh 'oke nih masih bisa jalan dan ada pengampunan'," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019