Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bank Indonesia Beri Sinyal Lanjutkan Pelonggaran Kebijakan Moneter

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 11 Agustus 2019, 17:36 WIB
Bank Indonesia Beri Sinyal Lanjutkan Pelonggaran Kebijakan Moneter
Deputi Gubernur BI, Destry Damayanti/RMOL
rmol news logo Bank Indonesia (BI) memberikan sinyal untuk melanjutkan pelonggaran kebijakan moneter.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti mengatakan hal tersebut mengikuti tren di kancah global.

"Kitakan juga melakukan kebijakan tidak mungkin sendirian ya, kita juga harus lihat pengaruh dari global maupun dari domestik itu sendiri," ungkapnya  usai menyaksikan pemotongan kurban di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (11/8).

Destry menyampaikan, kondisi global juga telah menunjukkan perlambatan ekonomi, sebagai imbas dari perang dagang (trade war).

"Dari globalkan sudah kelihatan dari perlambatan ekonomi yang terjadi di global, kemudian juga adanya trade war yang memburuk nampaknya global sendiri mereka akan membutuhkan kebijakan moneter yang sifatnya longgar," ujarnya.

Ketika kebijakan moneter global melonggar, ruang bagi domestik untuk lebih melenturkan kebijakan moneternya semakin lebar. Dalam hal ini, pelonggaran kebijakan salah satunya bisa berupa penurunan suku bunga.

Menurut Destry, penurunan suku bunga hanya menjadi salah satu rangkaian kebijakan yang secara keseluruhan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi itu sendiri.

"Dengan bank-bank di Indonesia sendiri kita punya bauran kebijakan, jadi bentuk kebijakannya bisa macam-macam, bisa sifatnya makro prudential, bisa kebijakan moneter itu sendiri," tuturnya.

Bank Indonesia pertama-tama melihat stabilitas, yang dinilai Destry saat ini masih terkendali. Selain itu nilai tukar juga relatif stabil.

"Nah sekarang yang kita butuhkan adalah bagaimana kita bisa mendorong pertumbuhan ekonomi itu sendiri," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA