Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepala BKP Buka Peluang Ekspor Buah Ke Kazakhstan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 04 Agustus 2019, 04:05 WIB
Kepala BKP Buka Peluang Ekspor Buah Ke Kazakhstan
Foto: Kementan
rmol news logo Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi, menjajal peluang untuk melakukan ekspor pangan ke negara-negara Muslim.

Hal itu tercermin ketika ia menerima kunjungan Acting Director General of Islamic Organization for Food Security (Acting DG IOFS), Yerlan Baidaulet, di Kantornya, Jumat (2/8). Kunjungan itu membahas beberapa hal, di antaranya cadangan pangan, program ketahanan pangan dan potensi ekspor buah ke Kazakhstan.

Kazakhstan menggagas pengembangan cadangan pangan di negara-negara Muslim melalui IOFS. Cadangan pangan ini diharapkan dapat membantu negara anggota ketika menghadapi bencana.

Selain itu, jejaring ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuka pasar bersama (joint market). Indonesia melihat peluang mengekspor beras ke negara-negara Muslim melalui mekanisme joint market ini. Agung juga menjelaskan program ketahanan pangan yang sedang dijalankannya.

"Kami fokus mengembangkan pangan lokal. Selain dari sisi produksi, juga melakukan stabilisasi harga pangan,” kata Agung.

Di sela pertemuan, Yerlan Baidaulet mengungkapkan bahwa buah menjadi salah satu penyumbang inflasi di Kazakhstan. Menanggapi itu, Agung menyampaikan bahwa Indonesia kaya akan buah-buahan tropis yang beranekaragam.

“Kita bisa ekspor buah ke Kazakhstan,” sambung Agung.

Agung optimis produk buah Indonesia dapat diterima Kazakhstan. Buah yang berpotensi untuk diekspor ke Kazakhstan antara lain manggis dan jambu air.

Selain potensi ekspor buah, Agung menyebutkan pemerintah Indonesia dan Kazakhstan dapat melakukan kerja sama dalam bidang pembangunan pertanian, terutama untuk teknologi pengolahan dan knowledge sharing. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA