Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Problem Serius, OJK Diminta Selidiki Kasus Sistem Error Bank Mandiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 03 Agustus 2019, 22:05 WIB
Problem Serius, OJK Diminta Selidiki Kasus Sistem Error Bank Mandiri
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sistem eror yang terjadi di Bank Mandiri, beberapa waktu lalu, harus disikapi serius. Otoritas perbankan perlu melakukan penyelidikan kalau perlu memberikan sanksi tegas terhadap Bank Mandiri bila terbukti lalai.

Pengamat Keuangan Achmad Deni Daruri mengatakan, pihak otoritas perbankan perlu melakukan penyelidikan terhadap sistem IT Bank Mandiri lantaran sudah jelas nasabah yang dirugikan sebagai dampak adanya eror di sitem IT bank pelat merah itu.

"Bisa saja yang bermasalah itu software, hardware atau SDM-nya. Saya kira, pihak otoritas perlu menindak tegas. Ini menyangkut hak konsumen. Bahwa kepentingan konsumen harus dilindungi," papar Deni dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (3/8).

Presdir Center of Banking Crisis (CBC) ini, berpendapat, minimal ada dua hal yang bisa dicermati dari IT eror di Bank Mandiri. Pertama, ada masalah di sistem pembayaran mikro.

"Kedua, ini yang cukup substansi karena menyangkut perlindungan terhadap nasabah,” ujarnya .

Ia menjelaskan, sistem pembayaran mikro pada perbankan, ibarat aliran darah. Jika ada penyumbatan pada aliran darah bakal menimbulkan beragam penyakit. "Bisa stroke atau bahkan jantung koroner yang cukup membahayakan," katanya.

Menurut Deni, akibat bermasalahnya sistem pembayaan mikro di Bank Mandiri, mengakibatkan enam hal. Yakni, data nasabah menjadi tidak lengkap (uncompletenes); data nasabah menjadi tidak jelas keberadaannya (unexistemcy); data nasabah menjajdi tidak akurat (unacuracy); data nasabah menjadi tidak benar nilainya (unvaluation); data nasabah menjadi tidak benar kepemilikannya (unownership); data nasabah menjadi tidak benar penyajiannya (unpresentation)

Dalam hal ini, dia menyarankan, pihak regulator perbankan bersikap. Demi menghindari resiko sistemik pada bank.

"Lakukan evaluasi dan investigasi sistem pembayaran mikro dan beri sanksi administrasi yang tegas demi melahirkan efek jera," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA