Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pimpinan Komisi VI Minta OJK Investigasi Saham Garuda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Selasa, 30 Juli 2019, 12:45 WIB
Pimpinan Komisi VI Minta OJK Investigasi Saham Garuda
Dito Ganinduto/Net
rmol news logo Pimpinan Komisi VI DPR meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan investigasi saham Garuda Indonesia. Hal itu terkait dugaan ada upaya penguasaan atas perusahaan dengan cara cornering.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Permintaan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi VI DPR dari Fraksi Partai Golkar, Dito Ganinduto dalam keterangan tertulis, Selasa (30/7).

Menurut Dito, pemberitaan negatif Garuda selama ini menutup seluruh pencapaiaan positif pada 2019. Kondisi ini diikuti aksi jual investor ritel, tapi diikuti kenaikan signifikan porsi pemegang saham tertentu.

Akhirnya, lanjut dia, wajar apabila muncul hipotesis adanya upaya cornering. Tujuannya yaitu mengumpulkan saham di harga murah dengan tujuan hostile take over atau penguasaan atas perusahaan.

"Secara logika, saham perusahaan yang bermasalah pasti akan ditinggalkan oleh pemegang saham, seperti yang dilakukan investor ritel Garuda. Tapi ternyata justru diserap oleh pemegang saham lain," ujar Dito.

Pihak OJK, masih kata Dito, punya kemampuan dan kewenangan untuk melihat pihak-pihak yang melakukan praktik "nakal" ini. Untuk itu, OJK perlu memberikan shock terapi upaya penguasaan dan mencari untung dengan tidak wajar terjadi di BUMN.

"Takutnya kalau tidak dilakukan investigasi, maka akan muncul dugaan adanya upaya cornering dari pihak tertentu. Mengumpulkan saham Garuda Indonesia saat harganya sedang jatuh untuk tujuan atau kepentingan hostile take over saham," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA