Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Kucurkan 2 Miliar Dolar AS Bangun PLTA DI Kalimantan Utara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 26 Juli 2019, 15:47 WIB
Pemerintah Kucurkan 2 Miliar Dolar AS Bangun PLTA DI Kalimantan Utara
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan/RMOL
rmol news logo PT PLN (Persero) rencananya akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kawasan Industri Tanah Kuning, Kalimantan Utara. Rencananya PLTA tersebut akan membantu kelistrikan Kawasan Industri dan Pelabuhan di Indonesia dengan kapasitas 1350 Megawatt.

Hal ini diperkuat dalam rapat koordinasi Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, beserta dengan Direksi PLN dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) di Kementerian Koordinator Kemaritiman (Kemenko Kemaritiman), Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (26/7).

“Ya nanti saya minta semua harus selesai tahun ini bisa konstruksi dalam satu tahun kedepan, itu kira-kira 2 miliar US Dollar,” ungkap Menko Luhut usai rakor tersebut.  

Sementara itu Direktur Pengadaan I PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan PLN mendukung dalam hal ini untuk memberi aliran listrik dan membantu industri smelter Kawasan Industri dan Pelabuhan Interasional (KIPI) di Tanah Kuning tersebut, dengan target pembangunan secara bertahap maksimal enam tahun dari saat ini.

“Mudah-mudahan, doakan mudah-mudahanan jadi dan ini akan mendukung industri smelter disana, jadi memang butuh listrik yang murah, jadi itu memang hanya bisa di penuhi dari PLTA,” sambungnya.

“Ini khusus pengembangan PLTA yang di Kalimantan Utara ini khusus melistriki KIPI dan untuk Indonesia, ketahanan energi bagus,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA