Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertemuan Jokowi-Prabowo Diharapkan Mampu Kembalikan Kepercayaan Investor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Rabu, 17 Juli 2019, 12:54 WIB
Pertemuan Jokowi-Prabowo Diharapkan Mampu Kembalikan Kepercayaan Investor
Jokowi dan Prabowo/Net
rmol news logo Pertemuan antara Presiden teroilih Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto membawa angin segar untuk investasi. Rekonsiliasi dua tokoh politik sentral pada Pilpres 2019 diharapkan mampu mengembalikan kepercayaan para investor yang sempat menurun pasca serangkaian peristiwa yang terjadi dalam beberapa bulan belakangan ini.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Pingkan Audrine Kosijungan menjelaskan, pertemuan ini memang membawa angin segar bagi iklim investasi. Kepercayaan investor yang sempat mengalami penurunan pada pemilihan kepala daerah DKI Jakarta tahun 2017 kembali mengalami pemulihan sehingga tidak lagi wait and see, yaitu menunggu kepastian kondisi paska peristiwa politik yang dapat mempangaruhi dinamika di pasar atas modal yang telah ditanamkan.

"Walaupun ada sekelompok pihak yang menyayangkan keputusan Prabowo untuk bertemu dengan Jokowi. Namun tidak sedikit pula yang menanggapi dengan positif peristiwa tersebut. Salah satu sentimen positif yang diterima ialah dari para pengusaha Tanah Air yang menyambut baik pertemuan tersebut karena memberikan stabilitas politik paska pemilihan umum," ungkapnya dalam keterangan tertulis kepada redaksi, Rabu (17/7).

Sentimen positif tersebut terlihat dari lantai bursa saham. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang dibuka pada hari ini mengalami peningkatan dengan mencapai 6.415 dibarengi dengan melemahnya nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap Rupiah yang mencapai Rp13.924. Hal ini mengingatkan pada dinamika di bursa sehari setelah pencoblosan dilakukan dan hasil hitung cepat beberapa lembaga survei memprediksi bahwa Joko Widodo unggul atas Prabowo ketika IHSG dibuka pada 18 April 2019 dan mencapai 6.568 serta dibarengi dengan menguatnya nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS yang menyentuh level Rp 13.995.

Namun demikan, hal ini belum menjadi garansi bahwa stabilnya investasi masih akan bertahan. Adanya kepastian kondisi politik dan hukum memang mendukung iklim investasi, tetapi paket kebijakan yang nyata serta langkah ke depan yang akan diambil oleh presiden terpilih dari segi birokrasi maupun susunan kabinet pun memainkan peranan penting dalam menyokong pertumbuhan iklim investasi ke arah yang lebih positif.

"Isu reshuffle dan susunan kabinet juga penting untuk diperhatikan karena pilihan presiden akan sangat memengaruhi respon pasar. Paket kebijakan juga penting untuk bisa membawa Indonesia keluar dari defisit neraca perdagangan dan utang pembiayaan infrastruktur yang terus meningkat," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA