Terkendala, Lion Air Belum Siap Turunkan Harga Tiket Pesawat

Jumat, 12 Juli 2019, 23:23 WIB | Laporan: Aprilia Rahapit

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono (kiri)/RMOL

Pemerintah sudah menerapkan kebijakan penurunan harga tiket penerbangan murah low cost carier (LCC) domestik per hari Kamis (11/7). Namun terpantau satu hari berlangsung, kebijakan itu masih ada kendala.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono mengatakan, kesepakatan penerapan pesawat tidak dilakukan oleh semua maskapai.

"Dari kesiapan sistem reservasi tiketnya, dua maskapai Citilink dan Lion Air begitu diumumkan tanggal 11 kan mulai, ternyata baru Citilink lakukan penyesuaian. Teman-teman Lion Air masih perlu waktu update sistemnya untuk adjusment," ungkap Susiwijono di Kementerian Bidang Koordinator Perekonomian, Jakarta, Jumat (12/7).

Sementara itu Citilink sudah menerapkan kebijakan tersebut sejak Kamis (11/7) per pukul 00.00 WIB. "Sedangkan Lion Air masih minta waktu," tuturnya.

Ia memaklumi dengan kondisi Lion Air tersebut lantaran setiap maskapai memiliki karakteristik sistem reservasi yang berbeda. Dijanjikan, Lion Air akan segera siap pada Kamis pekan depan (18/7).

"Mereka bilang akan upayakan secepatkan. Mereka janji hari Kamis depan akan akomodasi kebijakan ini. Sistem reservasi Lion Air masih belum bisa tapi Citilink sudah berlaku kemarin," tandasnya.

Sebelumnya pemerintah menerapkan kebijakan batu dalam penurunan harga tiket penerbangan dengan penurunan 50 persen Tarif Batas Atas (TBA) dengan alokasi seat 30 persen.

Dengan ini, penerbangan murah diberlakukan pada Selasa, Kamis, dan Sabtu. Masing-masing maskapai seperti Citilink menyediakan 62 flight per hari (Selasa, Kamis, dan Sabtu) dengan total saat ini 3.348 seat.

Kemudian Lion Air Group menyediakan sejumlah 146 flight per hari (Selasa, Kamis, dan Sabtu) dengan total saat ini 8.278 seat.
Editor: Diki Trianto

Kolom Komentar


Video

Agustus Target Komnas HAM Ungkap Kasus 21-22 Mei

Rabu, 10 Juli 2019
Video

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Kamis, 11 Juli 2019
Video

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Jumat, 12 Juli 2019