Pemerintah Bakal Umumkan Rute Pesawat Dengan Tiket Murah Sebelum 11 Juli 2019

Senin, 08 Juli 2019, 21:45 WIB
Laporan: Aprilia Rahapit

Jumpa pers penurunan tarif tiket pesawat terjadwal/RMOL

Pemerintah akan mengumumkan rute yang berlaku dalam penurunan harga tiket pesawat Low Cost Carier (LCC) rute domestik sebelum Kamis 11 Juli mendatang.

"Sebelum Kamis, flight rute kemana saja kemudian flight nomor berapa nanti akan publish secara terinci dan detail. Sebelum hari Kamis pemberlakuannya," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono dalam jumpa pers di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (8/7).

Penerbangan tarif murah akan berlaku pada Selasa, Kamis dan Sabtu mulai pada pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB. Nantinya, rute-rute yang akan ditetapkan sebelum Kamis 11 Juli itu akan ditinjau kembali pada bulan Oktober mendatang oleh Dirjen Perhubungan Udara.

"Dari jumlah flight dan seat tadi sesuai dengan kebijakan mengenai mekanisme izin rute dari Dirjen Perhubungan udara, biasanya setiap Oktober, akan ada peninjauan rutenya mana saja, jadi nanti akan mengikuti perubahan rute dari Dirjen Perhubungan Udara," tutur Susiwijono.

Dalam hal ini pengawasan akan dilakukan didukung dengan Kementerian Perhubungan (Kemhub) dan juga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), jika ada perubahan rute setelah evaluasi atau peninjauan dari Dirjen Perhubungan pada Oktober mendatang.

"Pengawasan dan monitoring atas kebijakan ini, akan dilakukan bersama-sama nanti akan dikoordinasikan oleh Dirjen Perhubungan Udara dari Kementerian Perhubungan dan dari Deputi Kementerian BUMN dan seluruh stakeholder terkait yang hadir pada rakor lalu. Kemudian kami akan mendukung melakukan koordinasinya, di Kemenko Perekonomian," tuturnya.

Kemudian, lanjut Susiwijono, untuk mengawal, dengan kebijakan penurunan tarif tiket tersebut, pihaknya sepakat secara periodik akan dilakukan rapat monitoring dan evaluasi.  

"Kalau teman-teman ingat, seperti kebijakan B20 yang lalu, setiap pekan kita duduk bersama kita akan monitoring dan evaluasi, ini (penurunan harga tiket terjadwal) juga akan periodik kita lakukan evaluasi bersama," jelasnya.
EDITOR: AZAIRUS ADLU

Kolom Komentar


Video

Pesan Senator Jakarta untuk Pemprov Riau: Jangan Sombong

Rabu, 18 September 2019
Video

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN

Kamis, 19 September 2019
Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019