Pemerintah Tetapkan Harga Tiket Pesawat Turun Pada 11 Juli, Ini Jumlah Kursi Dan Penerbangannya

Jumpa Pers penurunan tarif tiket pesawat/RMOL

Pemerintah akhirnya resmi menurunkan tarif penerbangan rute domestik pesawat Low Cost Carier (LCC) pada jadwal tertentu. Keputusan itu ditentukan lewat rapat koordinasi (rakor) lanjutan yang dilakukan pada Senin (8/7). Rakor hari ini adalah lanjutan dari rakor sebelumnya yang dilakukan pada 1 Juli lalu.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, rakor tadi dipimpin langsung oleh Menteri Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Rakor pun akhirnya menghasilkan kebijakan konkret soal penurunan tarif maskapai penerbangan.  

Susiwijono menjelaskan, rakor menghasilkan kebijakan antara lain penerbangan murah akan tetap dilaksanakan pada Selasa, Kamis dan Sabtu. Dimulai pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB untuk penerbangan LCC domestik tipe pesawat jet.

"Waktu itu kita putuskan kita akan memberikan penurunan tarif sebesar 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA) LCC untuk alokasi seat sejumlah 30 persen dari total kapasitas pesawat," ungkapnya dalam jumpa pers usai rakor penurunan harga tiket pesawat, di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (8/7).

Menyikapi kebijakan tersebut, Susiwijono menyatakan Maskapai Citilink Garuda Group menyediakan total 62 flight perhari dengan jumlah 3.348 kursi. Namun bisa berubah sesuai dengan kondisi pesawat.

Sementara untuk maskapai Lion Air Group diperkirakan menyediakan 146 flight perhari dengan perkiraan kuris sebanyak 8.278.

Rencananya kebijakan ini akan berlaku pada 11 Juli 2019 mendatang. Hal ini karena diperlukan dua hari untuk masa penyesuaian penurunan tarif tersebut.

"Kita sudah menyiapkan berapa perangkatnya, baik dari sisi aspek legal dan regulasinya, juga dari sisi sistem di Citilink dan Lion Air, kita akan mulai efektif memberlakukam kebijakan ini sejak hari Kamis 11 Juli 2019, kenapa? karena untuk menyesuaikan sistem memerlukan 2 hingga 3 hari," tandasnya.

Dalam jumpa pers kali ini, Susiwijono juga didampingi oleh Perwakilan dari Lion Air, Perwakilan dari Citilink, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo, Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, dan perwakilan dari Pertamina.
EDITOR: AZAIRUS ADLU

Kolom Komentar


Video

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020
Video

Bergerak Serentak, Seruan Mahasiswa Batalkan OmnibusLaw

Jumat, 10 Juli 2020
Video

Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

Jumat, 10 Juli 2020

Artikel Lainnya

Ikan Arwana Kalimantan Siap Ekspor, Kemenko Marves Targetkan Pengiriman Dilakukan Tiap Pekan
Ekbis

Ikan Arwana Kalimantan Siap ..

13 Juli 2020 04:57
Gugatan 15 T Telkomsel Harusnya Jadi Pengakuan Industri Telekomunikasi Selama Ini Lengah
Ekbis

Gugatan 15 T Telkomsel Harus..

12 Juli 2020 19:13
Menko Airlangga Ajak UMKM Bertransformasi Menuju Ekonomi Digital
Ekbis

Menko Airlangga Ajak UMKM Be..

12 Juli 2020 13:32
Revitalisasi UMKM, Kunci Bangkitkan Ekonomi Di Tengah Pandemik
Ekbis

Revitalisasi UMKM, Kunci Ban..

12 Juli 2020 02:26
Digempur Corona, Indonesia Harus Hidupkan Kembali Ekonomi Kerakyatan
Ekbis

Digempur Corona, Indonesia H..

11 Juli 2020 12:16
Faisal Basri: Kenaikan Kelas Indonesia Berpendapatan Menengah Ke Atas Bertahan 1 Tahun
Ekbis

Faisal Basri: Kenaikan Kelas..

11 Juli 2020 03:45
Budidaya Lobster Model Keramba Dasar Cocok Bagi Perairan Berombak Besar
Ekbis

Budidaya Lobster Model Keram..

11 Juli 2020 01:46
Ada Fasilitas Permodalan, Pemerintah Minta Pelaku UMKM Daftarkan Usahanya
Ekbis

Ada Fasilitas Permodalan, Pe..

11 Juli 2020 00:35