QR Code Bantu Pengguna Vape Bedakan Liquid Asli Dan Oplosan

Sabtu, 06 Juli 2019, 16:39 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Vape/Net

Perkembangan penggunaan vape yang cukup pesat di Indonesia diganggu oleh munculnya liquid palsu atau oplosan di pasaran. Bahkan tidak jarang, bahan berbahaya digunakan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab dalam pembuatan liquid oplosan tersebut.

Hal itu menimbulkan keresahan, baik di kalangan pengguna vape maupun produsen resmi. Salah satu produsen liquid resmi, PT Asia Vaporindo Berjaya dengan merek dagang Juicenation mengungkapkan, salah satu produk liquidnya telah dipalsukan oleh produsen liquid oplosan.

Melalui akun Instagramnya, @juicenationcompany, mereka mengimbau agar konsumen pengguna vape lebih berhati-hati dalam membeli liquid Juicenation dengan jenis “​A la Carte​", karena disinyalir bahwa produk tersebut banyak dipalsukan dengan nama yang mirip, yaitu "A la Cartel".

Perbedaan yang mencolok dari liquid asli dan oplosan adalah, biasanya liquid oplosan memiliki rasa yang tidak terlalu pekat. Liquid oplosan juga biasanya dibuat dengan bahan-bahan seperti minyak kelapa sawit yang dicampur dengan minyak goreng, alkohol, air distilasi maupun air mineral.

Bahkan, dalam beberapa kasus, terdapat liquid vape yang mengandung ​cannabioid​ atau sejenis ganja.

Karena maraknya pemalsuan tersebut, maka pihak Juicenation melakukan kerjasama dengan Authentic Guards, yakni sebuah platform anti pemalsuan binaan Telkom Indonesia yang dapat membantu konsumen mengetahui keaslian sebuah produk.

Managing Director Juicenation, Ryan Othink dalam keterangan yang diterima redaksi (Sabtu, 6/7) menjelaskan, kerjasama ini dapat membantu melindungi produk Juicenation agar terhindar dari aktifitas pemalsuan yang bisa menyebabkan kerugian.

Penerapannya sangat sederhana. Produk Juicenation diberikan label hologram "Authentic Guards" yang terdapat kode unik. Dengan menggunakan generator dan perhitungan algoritma tertentu, kode tersebut kemudian dikonversi menjadi ​QR Code dengan standar Denso Wave ISO 18004. Hal ini membuat kode tersebut sangat aman dan mempunyai kemungkinan yang sangat kecil untuk diduplikasi.

Konsumen akan dapat dengan mudah mengecek keaslian liquid dengan memindai ​QR Code tersebut menggunakan aplikasi mobile khusus.

Kerjasama ini diharapkan dapat mengurangi peredaran produk liquid oplosan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab serta memudahkan konsumen dalam mengetahui ciri produk liquid palsu tersebut secara visual.

Kolom Komentar


Video

Pesan Senator Jakarta untuk Pemprov Riau: Jangan Sombong

Rabu, 18 September 2019
Video

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN

Kamis, 19 September 2019
Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019