QR Code Bantu Pengguna Vape Bedakan Liquid Asli Dan Oplosan

Vape/Net

Perkembangan penggunaan vape yang cukup pesat di Indonesia diganggu oleh munculnya liquid palsu atau oplosan di pasaran. Bahkan tidak jarang, bahan berbahaya digunakan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab dalam pembuatan liquid oplosan tersebut.

Hal itu menimbulkan keresahan, baik di kalangan pengguna vape maupun produsen resmi. Salah satu produsen liquid resmi, PT Asia Vaporindo Berjaya dengan merek dagang Juicenation mengungkapkan, salah satu produk liquidnya telah dipalsukan oleh produsen liquid oplosan.

Melalui akun Instagramnya, @juicenationcompany, mereka mengimbau agar konsumen pengguna vape lebih berhati-hati dalam membeli liquid Juicenation dengan jenis “​A la Carte​", karena disinyalir bahwa produk tersebut banyak dipalsukan dengan nama yang mirip, yaitu "A la Cartel".

Perbedaan yang mencolok dari liquid asli dan oplosan adalah, biasanya liquid oplosan memiliki rasa yang tidak terlalu pekat. Liquid oplosan juga biasanya dibuat dengan bahan-bahan seperti minyak kelapa sawit yang dicampur dengan minyak goreng, alkohol, air distilasi maupun air mineral.

Bahkan, dalam beberapa kasus, terdapat liquid vape yang mengandung ​cannabioid​ atau sejenis ganja.

Karena maraknya pemalsuan tersebut, maka pihak Juicenation melakukan kerjasama dengan Authentic Guards, yakni sebuah platform anti pemalsuan binaan Telkom Indonesia yang dapat membantu konsumen mengetahui keaslian sebuah produk.

Managing Director Juicenation, Ryan Othink dalam keterangan yang diterima redaksi (Sabtu, 6/7) menjelaskan, kerjasama ini dapat membantu melindungi produk Juicenation agar terhindar dari aktifitas pemalsuan yang bisa menyebabkan kerugian.

Penerapannya sangat sederhana. Produk Juicenation diberikan label hologram "Authentic Guards" yang terdapat kode unik. Dengan menggunakan generator dan perhitungan algoritma tertentu, kode tersebut kemudian dikonversi menjadi ​QR Code dengan standar Denso Wave ISO 18004. Hal ini membuat kode tersebut sangat aman dan mempunyai kemungkinan yang sangat kecil untuk diduplikasi.

Konsumen akan dapat dengan mudah mengecek keaslian liquid dengan memindai ​QR Code tersebut menggunakan aplikasi mobile khusus.

Kerjasama ini diharapkan dapat mengurangi peredaran produk liquid oplosan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab serta memudahkan konsumen dalam mengetahui ciri produk liquid palsu tersebut secara visual.

Kolom Komentar


Video

BREAKING NEWS: Pasar Cepogo Boyolali Terbakar

Kamis, 17 September 2020
Video

Menguji Erick Thohir dan Jokowi, Kejanggalan Pertamina Gamblang Diurai Ahok

Jumat, 18 September 2020

Artikel Lainnya

FinCEN Files, Catatan Transaksi Miliaran Dolar
Ekbis

FinCEN Files, Catatan Transa..

21 September 2020 15:53
Genjot Transformasi Digital, BTN Bakal Akuisisi 25.000 EDC
Ekbis

Genjot Transformasi Digital,..

21 September 2020 14:37
Daya Beli Terus Menurun, Tim Ekonomi Pemerintah Gagal Selamatkan UMKM
Ekbis

Daya Beli Terus Menurun, Tim..

21 September 2020 14:27
Lolos Tahap Pertama Pemilihan Dirjen WTO, Mendag Korsel Ingin Perkuat Perdagangan Multilateral
Ekbis

Lolos Tahap Pertama Pemiliha..

21 September 2020 12:56
Dirut bank bjb Yuddy Renaldi Raih Penghargaan IMF 2020
Ekbis

Dirut bank bjb Yuddy Renaldi..

19 September 2020 16:50
WTO: Transportasi Udara Jadi Sektor Yang Paling Terdampak Covid-19
Ekbis

WTO: Transportasi Udara Jadi..

18 September 2020 18:57
Ingin Tahu Trik Promosi Digital? Yuk Ikuti  Bincang Bisnis Online bank bjb
Ekbis

Ingin Tahu Trik Promosi Digi..

17 September 2020 19:58
BTN Optimis Penyaluran Kredit Dari Dana PEN Bakal Lampaui Target
Ekbis

BTN Optimis Penyaluran Kredi..

17 September 2020 19:42