Cetak Generasi Melek IT, PLN Gandeng TU Wien Universitat Dan ITB

Jumat, 05 Juli 2019, 01:46 WIB
Laporan: Elitha Tarigan

Dewan Komisaris PLN, Budiman (kiri)/Ist

Untuk mengembangkan sumber daya manusia khususnya di bidang big data dan IT, PLN menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) dan TU Wien Universitat.

Direktur Human Capital Management PLN, Muhammad Ali mengatakan bahwa suatu hal mutlak dan keharusan untuk bertahan dalam menghadapi revolusi industri yang secara fundamental akan selalu berubah mengikuti zaman, termasuk di dalamnya meningkatkan sumber daya manusia.

"Membangun pondasi IT yang cerdas dan membangun proses IT yang efektif untuk bersaing dalam era digital 4.0 adalah tantangan ke depan yang harus kami jawab," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jakarta, Kamis (5/7).

Dengan program ini, Ali berharap talenta terbaik PLN tidak hanya sekadar mendapatkan wawasan tentang teknologi digital terbaru, tetapi juga menemukan cara tetap relevan dalam memimpin persaingan di era revolusi industri 4.0 ini.

Untuk itu, kerja sama antara ITB, TU Wien, dan PLN dilakukan dengan harapan bisa mengembangkan sumber daya manusia melalui pendidikan bidang IT, khususnya terkait big data analysis dalam bentuk internship, master program, double degree program, dan penelitian bersama ITB.

"Untuk kerja sama ini perlu kita cari partner yang bereputasi tinggi. Itu sebabnya kami memilih Vienna Univ of Tech (TU Wien) di Austria karena mempunyai reputasi ranking dunia yang baik, khususnya computer science, termasuk bidang big data," imbuh Muhammad Ali.

Joint research ini dihadiri oleh Dewan Komisaris PLN, Budiman; Direktur Human Capital Management PLN, Muhammad Ali; Wakil rektor ITB, Bambang Riyanto; Dekan fakultas Elektro dan Informasi ITB, Nana Rachmana; Wakil Rektor Bidang Humas, Alumni dan International UGM, Doktor Paripurna Poerwoko.

Dari TU Wien, delegasi diterima oleh Prof A Min Tjoa yang mengungkapkan bahwa kerja sama ini adalah langkah awal untuk membangun kerja sama jangka panjang antara PLN dan ITB.

"Kami yakin kerja sama ini akan menghasilkn ahli-ahli terutama dalam bidang data science dan IT," ungkap Prof Tjoa.
EDITOR: DIKI TRIANTO
Tag:

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019