Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KTT Fintech Indonesia-China, Dubes Djauhari: Ini Saatnya Asia Timur dan Tenggara Berkolaborasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 01 Juli 2019, 05:09 WIB
KTT Fintech Indonesia-China, Dubes Djauhari: Ini Saatnya Asia Timur dan Tenggara Berkolaborasi
Dubes Djauhari Oratmangun/KBRI Beijing
rmol news logo Pemangku kepentingan, investor dan para pengambil keputusan dari Cina dan Indonesia bertemu untuk mengeksplorasi potensi fintech secara massif dan peluang bisnis di Indonesia, dalam KTT Fintech China-Indonesia yang pertama kali dan diorganisir oleh Momentum Works.

KTT itu berlangsung bersamaan dengan KTT G20 di Osaka, pada minggu yang sama, saat Presiden China Xi Jinping dan Presiden Indonesia Joko Widodo bertemu guna membahas kolaborasi ekonomi digital.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Indonesia Republik Rakyat Cina, HE Djauhari Oratmangun, membuka pertemuan puncak dengan pidato utama tentang "Masa Depan Teknologi Keuangan Indonesia".

Ia menyoroti sinergi strategis antara keahlian Cina dalam ekonomi digital dan peluang besar yang disajikan pada pasar di Indonesia.

Dalam pidatonya, Dubes sangat merekomendasikan investor dan perusahaan Cina yang sukses di bidang fintech untuk fokus pada inovasi dalam inklusi keuangan, investasi dalam infrastruktur digital, berpartisipasi dalam potensi perbankan syariah yang belum dimanfaatkan dan keuangan, serta memanfaatkan peran Indonesia sebagai pintu gerbang ke Asia Tenggara
dan pasar global.

“Ini adalah waktu kita untuk Asia Timur dan Tenggara, dan kata kuncinya adalah kolaborasi dan kerjasama,” kata Djauhari.

Ia mengungkapkan, dalam temuan laporan Fintech MW 2019 Indonesia, di mana laporan tersebut menyebut ekonomi digital di Indonesia sedang mengalami ledakan demografis. Populasi sedang 270 juta, dan PDB per kapita di atas US $4,000. Namun penetrasi bank hanya 50%, dan kepemilikan kartu kredit kurang dari 5%.

Dalam dua tahun terakhir, lanjutnya, banyak pemain lokal dan asing mulai berinvestasi dalam jumlah besar di sektor ini, termasuk pinjaman fintech, pembayaran, dan asuransi insuretech.

"Gojek telah membangun GoPay-nya ke salah satu pemain fintech terkemuka di Indonesia, sementara OVO, bermitra dengan Grab dan Tokopedia, membentuk pembayaran terbuka atau fintech ekosistem di negara ini," katanya.

Secara keseluruhan, dalam KTT itu, hadir lebih dari 150 investor dan senior praktisi industri di industri Fintech China, bersama-sama dengan lebih dari 40 perusahaan dan investor fintech dari Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA