Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Alvin Lie Soroti Kebijakan Kemenhub Beri Izin Maskapai Tambah Pesawat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 20 Juni 2019, 05:54 WIB
Alvin Lie Soroti Kebijakan Kemenhub Beri Izin Maskapai Tambah Pesawat
Alvin Lie/RMOL
RMOL. Inefisiensi moda transportasi udara, di tengah mahalnya tiket penerbangan domestik disebabkan jumlah pesawat dan penumpang tidak seimbang. Hal ini hanya akan membuat maskapai mengeluarkan banyak biaya.

Demikian disampaikan Pengamat Penerbangan Alvin Lie usai diskusi Kongkow Bisnis bertajuk "Buka Pintu Masuk Maskapai Asing, Solusi Tiket Mahal?", di Hotel Millenium, Jakarta, Rabu (19/6).

"Pertumbuhan jumlah pesawat yang terlampau cepat, coba kita lihat seperti Lion, Garuda, dia nambah terus. Jumlah pertambahan pesawatnya melampaui jumlah pertumbuhan pasar atau terjadi adalah kapasitas yang berlebih. Sehingga biayanya jadi besar," ujar Lie.

Ia menambahkan, satu pesawat setidaknya didukung empat set kru. Para kru itu akan tetap diberi upah sebagaimana mestinya meskipun pesawat itu tidak terbang. Kondisi seperti ini kemudian menimbulkan inefisiensi.

"Kenapa bisa terjadi begitu? Tidak lepas juga karena Kementerian Perhubungan memberikan izin tambah pesawat-tambah pesawat, rutenya tidak mengikuti, itulah (penyebab) inefesiensi," tegasnya.

Sebagai solusi, Alvin Lie menyarankan agar Tarif Batas Atas (TBA) dinaikkan. Hal itu, menurutnya, bertujuan agar maskapai penerbangan dapat profit untuk subsidi silang.

"Kedua soal rute, jangan setiap bandara dibuka kemudian airline dipaksa suruh terbang. Itu yang menyebabkan airline nanggung biaya, biayanya bagaimana? Akhirnya dipertahankan rute-rute yang gemukkan," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA