Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Harus Manfaatkan Peluang Di Tengah Perang Dagang AS-China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 15 Juni 2019, 15:57 WIB
Indonesia Harus Manfaatkan Peluang Di Tengah Perang Dagang AS-China
Ilustrasi Perang Dagang AS-China/Net
rmol news logo Perang Dagang antara Amerika Serikat dan China menimbulkan gejolak perekonomian di seluruh dunia termasuk Indonesia. Namun demikian ada celah yang masih bisa dimanfaat Indonesia seperti peningkatan ekspor dan investasi ke Amerika Serikat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bendahara Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Penguasaha Muda Indonesia (BPP) HMI, Ajib Hamdani dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Sabtu (15/6).

“Walapun perang dagang berdampak menurunnya nilai tukar rupiah terhadap dollar, tapi kita jangan terlalu khawatir atas permasalahan perang dagang, kita harus bisa melihat peluang dari perang dagang ini agar perekonomian nasional bisa tetap stabil,” ujar Ajib.

Komisaris PT. Daya Gagas Indonesia yang mengagas aplikasi FIshOn Kemenko Kemaritiman RI ini menambahkan, Indonesia harus bisa melihat sektor mana saja yang dapat mendorong ekspor ke Amerika Serikat.

“Iya, tarif bea masuk yang di perlakukan di Amerika Serikat ke China harus kita manfaatkan untuk meningkatkan ekspor ke Amerika Serikat, dan menekan impor produk dari China masuk ke Indonesia agar stabilitas harga di Indonesia tidak menimbulkan gejolak,” kata Ajib.

Lebih lanjut Ajib berkeyakinan, Indonesia memiliki peluang besar untuk menarik investasi asing di dalam negeri. Sebab, ada faktor yaitu dalam dua tahun ke depan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat diprediksi bakal tertekan dan bank sentral Amerika Serikat yang sempat agresif menaikkan suku bunga satu tahun terakhir, kemungkinan tidak akan lagi menaikkan suku bunganya.

“Kuncinya kita harus bisa melihat peluang sekecil apapun, kombinasi peningkatan investasi dan orientasi ekspor, akan membuka peluang pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Sebagai pengusaha yang bisa menggerakan perekonomian nasional tidak perlu terlalu khawatir atas permasalahan ini tapi lebih mencari solusi,” tutup Ajib.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA