Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kuliah Umum Di Universitas Cendrawasih, PLN: Kami Terus Berupaya Manfaatkan Energi Baru Terbarukan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 13 Juni 2019, 15:40 WIB
Kuliah Umum Di Universitas Cendrawasih, PLN: Kami Terus Berupaya Manfaatkan Energi Baru Terbarukan
Foto: Istimewa
rmol news logo Saat ini dunia pendidikan ditantang untuk melakukan reorientasi dengan mengikuti perkembangan zaman guna meningkatkan kualitas SDM di masa mendatang.

Demikian dikatakan oleh Rektor Universitas Cenderawasih Apolo Safanpo dalam acara kuliah umum yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero), Kamis (13/6). Dalam paparannya, ja juga menjelaskan tak cukup hanya satu generasi saja untuk mengukur suatu bangsa karena generasi muda menjadi faktor terpenting dalam pembangunan suatu bangsa.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN yang membantu Universitas Cenderawasih untuk membangun serta mempersiapkan generasi muda dalam membangun Tanah Papua. Saat ini kita telah memasuki era revolusi industri 4.0, sehingga kita harus mempersiapkan SDM yang terbaik untuk dapat bersaing di luar sana" ujar Paolo.

Dalam kesempatan yang sama, Executive Vice President (EVP) Talenta Development PLN Karyawan Aji menjelaskan kepada peserta mengenai pembangunan di Indonesia terkhusus infrastruktur kelistrikan.

Menurutnya, dalam membangun infrastruktur tersebut, dibutuhkan SDM yang kompeten sehingga pembanguan dapat berjalan dengan baik.

"Listrik menjadi faktor penting untuk kehidupan kita lebih baik, karena saat ini aktivitas kita sudah sangat tergantung kepada energi listrik. Kami dari PLN pun terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan agar pertumbuhan dari berbagai sektor baik perekonomian, pendidikan dan yang lainnya dapat terus maju," kata Karyawan Aji saat memaparkan materi.

EVP Pengembangan Regional Maluku Papua (EVP PRMP) Eman Prijono Wasito menjelaskan kondisi kelistrikan di Papua dan Papua Barat saat ini. Ia juga menyinggung pembangunan yang akan dilakukan oleh PLN di Tanah Papua.

“Hingga saat ini, beban puncak di Papua dan Papua Barat telah mencapai 286,67 MW dengan cadangan daya sebesar 66,05 MW. Kami juga terus melistriki pedesaan yang belum berlistrik di mana hingga saat ini desa berlistrik sudah mencapai 76,28%. Dalam pembangunan infrastruktur ini, PLN terus berupaya untuk memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT),” ujar Eman kepada mahasiswa.

Untuk diketahui, kuliah umum ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa, generasi muda bangsa, tentang listrik dan diharapkan dapat memahami kondisi kelistrikan di Indonesia saat ini. Tidak hanya itu, penjelasan yang dipaparkan pun menjelaskan mengenai pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan kedepan di Indonesia dan juga terkhusus di Tanah Papua.

PT PLN (Persero) menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema “PLN Bangun Negeri” di Aula Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih (FT Uncen), Rabu, 12 Juni 2019 di Jayapura. Acara ini diikuti oleh kurang lebih 100 peserta dengan rincian 60 dari mahasiswa Program D3 Kelas Kerja Sama angkatan I-III, 10 rekrutmen PLN tingkat S1 angkatan 66 serta 20 mahasiswa Program D4 Beasiswa.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA