Dimensy.id
Apollo Solar Panel

60 Desa Di Kalbar Akan Nikmati Listrik Tahun Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 22 Mei 2019, 08:31 WIB
60 Desa Di Kalbar Akan Nikmati Listrik Tahun Ini
Pemasangan tiang listrik di Kalbar/Net
rmol news logo Rasio kelistrikan di Kalimantan Barat saat ini mencapai 79,25 persen. Di mana dari 2.130 desa yang ada, 1.516 di antaranya menggunakan listrik PLN dan 174 desa lainnya non PLN.

General Manager PLN UIW Kalimantan Barat, Agung Murdifi mengatakan saat ini pihaknya tengah menjalankan program melistriki 60 desa yang tersebar di 12 kabupaten di Kalimantan Barat.

"Kami berharap seluruh pekerjaan dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu," ujar Agung, Selasa (21/5).

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Syarif Kamaruzaman mengungkapkan bahwa upaya melistriki desa telah dilakukan oleh PLN baik di sisi pembangkit, jaringan transmisi dan distribusi.

"Saya berharap pembangunan infrastruktur kelistrikan di Kalbar dapat meningkatkan Indeks Desa membangun tiap tahunnya, serta mendukung perwujudan desa berlistrik di Kalbar," ungkapnya.

Salah satu desa yang saat ini dalam proses pembangunan jaringan listrik adalah Mandong Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Kepala Desa Mandong, Andreas mengatakan posisi wilayahnya tidak jauh dari jalan provinsi. Rencana PLN membangun jaringan tegangan menengah sepanjang 7.228 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,024 kms dan trafo gardu distribusi dengan total kapasitas sebesar 300 kVA sangat disambut baik oleh warga.

”Dengan adanya listrik segala aktivitas dapat dengan mudah dilaksanakan tidak tergantung dengan waktu. Anak-anak akan lebih mudah dan nyaman belajar dimalam hari. Segala aktivitas usaha pastinya akan tumbuh di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA