Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tahun Ini, 13.169 Pelanggan Di Kalbar Diperkirakan Segera Nikmati Listrik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 21 Mei 2019, 07:22 WIB
Tahun Ini, 13.169 Pelanggan Di Kalbar Diperkirakan Segera Nikmati Listrik
Foto: Istimewa
rmol news logo Sekitar 13.169 pelanggan diperkirakan segera menikmati infrastruktur ketenagalistrikan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Hal tersebut ditandai dengan penancapan tiang pertama sebagai simbol dimulainya pembangunan Program Listrik Desa se-Provinsi Kalimantan Barat pada 2019 hari ini, Senin (20/5).

”Saat ini elektrifikasi desa menjadi fokus PLN. Kami ingin listrik dapat dirasakan oleh seluruh daerah sehingga perkembangan di negara ini merata,” ungkap General Manager PLN Wilayah Kalimantan Barat Agung Murdifi dalam pidatonya.

Agung tegaskan bahwa saat ini PLN fokus pada elektrifikasi di pedesaan. Ia berharap kedepannya seluruh masyarakat di Tanah Air dapat menikmati listrik tanpa terkecuali.

Untuk itu, Ia berharap seluruh aspek terkait turut serta dalam pembangunan infrastruktur listrik PLN, terutama yang berada di daerah terpencil.

“Sehingga ketika rumah kami terlistriki, maka rumah saudara-saudara kami di ujung negeri juga harus terlistriki,” tegas Agung.

Pada tahun 2018, lanjutnya, PLN telah menyelesaikan program listrik perdesaan di Kalimantan Barat dengan membangun 4.825 Kilo Volt Ampere Gardu Distribusi, 86 Kilo Meter Sirkit Jaringan Tegangan Menengah. 209 Kilo Meter Sirkit Jaringan Tegangan Rendah.

Selain itu, masih kata Agung, dari hasil program tersebut 35 desa sudah teraliri listrik dengan total pelanggan sebanyak 5.678.

“Dengan pembangunan tersebut, rasio elektrifikasi PLN di Kalimantan Barat meningkat menjadi 87,22 % dari sebelumnya 87,07 %,” jelasnya.

Kini dengan nilai investasi lebih dari Rp 130 Milyar, pada 2019 PLN akan menambah jaringan listrik perdesaan di 60 Lokasi dengan Panjang jaringan tegangan menengah sepanjang 359 kms, jaringan tegangan rendah sepanjang 221 kms, dan gardu distribusi dengan kapasitas 9.625 kVA.

Potensi pelanggan yang akan menikmati akses energi listrik sebesar 13.169 pelanggan. Pembangunan Jaringan Listrik Desa tahun 2019 pun akan meningkatkan rasio elektrifikasi PLN di Kalimantan Barat menjadi 90,4 %, dari sebelumnya 88,04 %

“Di Dusun Tuan Desa Mandong Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau sendiri, PLN akan membangun 7 kms JTM, 2 kms JTR, dan 300 kVA gardu distribusi untuk melistriki 170 pelanggan,” jelasnya.

“Kami berharap pembangunan listrik di Desa Mandong dan 59 lokasi lainnya dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti,” jelasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA