Listrik Masuk Desa Adalah Kado PLN Untuk Warga Pulau Doi

Kamis, 16 Mei 2019, 19:55 WIB
Laporan: Elitha Tarigan

Proses pengangkutam mesin PLTD kapasitas 200 kw/Dok

Ramadan tak lagi gelap, warga yang tinggal di Pulau Doi yang berada di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku akhirnya merasakan terangnya listrik. Tak tanggung-tanggung, PLN membangun jaringan distribusi sepanjang 13 km untuk mengaliri 800 rumah di pulau tersebut.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), Sofifi Yusrizal mengatakan keberhasilan PLN masuk ke Pulau Doi tak lepas dari campur tangan pemerintah daerah. Tanpa bantuan mereka maka pembangunan PLTD berkapasitas 200 kW di Halmahera disebut tidak akan berjalan mulus.

"Kami menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara atas support untuk pembangunan kelistrikan di Pulau Doi ini. Kami juga mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara yang mengambil langkah untuk menggunakan dana desa dalam biaya penyambungan listrik bagi warga", ujar Yusrizal, Kamis (16/5).

Adapun empat desa Pulau Doi yang dialiri listrik adalah Desa Dama, Dowonggila, Salube, dan Cera. Yusrizal berharap kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik lagi setelah listrik masuk ke wilayah mereka.

Tak hanya itu, lanjutnya, Pulau Dagasuli yang terletak di bagian selatan Pulau Doi juga akan segera menikmati listrik. Diperkirakan PLN akan segera mengangkut mesin PLTD ke pulau tersebut pada pertengahan Mei 2019 ini.

Di samping itu, PLN juga akan segera melistriki Pulau Dagasuli yang terletak di selatan Pulau Doi. Saat ini, mesin berkapasitas 200 kW untuk melistriki Pulau Dagasuli sudah berada di Pulau Doi.

"Harapannya sebelum Idul Fitri nanti listrik di Pulau Dagasuli dapat segera menyala", tambah Yusrizal.

Dengan demikian saat ini terdapat 176 desa yang telah berlistrik di Kabupaten Halmahera Utara dan tinggal 23 lagi desa yang belum berlistrik. Direncanakan pada 2020 semua desa di Halmahera Utara dapat segera terlistriki.

Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Utara Fredy Tjandua mengatakan bila kehadiran listrik di Pulau Doi dan Pulau Dagasuli adalah kado Ramadan PLN untuk warganya. Ia yakin perekonomian akan tumbuh setelah rumah warga dialiri listrik.

“Terima kasih kepada PLN yang telah menghadirkan listrik di Pulau Doi. Selain listrik dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, ini merupakan hadiah buat masyarakat Pulau Doi menjelang bulan suci Ramadan", pungkasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO
Tag:

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019