Desain Grafis, Industri Kreatif yang Berpeluang Besar

Kamis, 16 Mei 2019, 03:09 WIB
Di era digital saat ini, keberadaan desain komunikasi visual/grafis dan desain produk akan menjadi penting dalam perkembangan industri kreatif.

Ini dikarenakan adanya kebutuhan pelaku usaha terkait branding, materi tampilan, desain katalog dan lain-lain.

Rege Indrastudianto, Co-Founder & Design Director of Visious Studio yang juga Ketua Asosiasi Designer Grafis Indonesia (ADGI) mengatakan, desain grafis dan desain produk merupakan sebuah elemen penting, dikarenakan, kesan pertama ketika melihat produk adalah dari tampilannya dulu, baik dari bentuk produk, warna maupun kemasannya.

"Kesan terhadap produk ini yang harus dipahami oleh para produsen. Tampilan identitas visual yang menarik, baik dari cerita, grafis maupun kualitas cetak, akan mampu memberikan kesan yang baik atas produk yang ada. Saran kami, untuk para pelaku industri, bisa lebih memperhatikan soal identitas visual," kata Indra, di Talkshow bersama Astragraphia Document Solution dengan topik "Desain Grafis dalam Industri Ekonomi Kreatif; Apa dampaknya?" Di Jakarta, Rabu (15/5).

Emir Hakim, Founder, Director – E+Partners Brand Design Consultancy yang juga Board of Directors dari ADGI pun mengatakan, perkembangan industri kreatif di Indonesia, merupakan sebuah kesempatan baik (opportunity) bagi pelaku profesi desainer grafis.

"Selama ini kiblat desain selalu dari luar negeri, dan sekarang saatnya para desainer grafis Indonesia menunjukkan karya-karyanya, sehingga tidak kalah saing dengan desainer dari luar negeri," ujarnya.

Direktur PT Astra Graphia Tbk, Mangara Pangaribuan, mengatakan, Astragraphia mendukung industri ekonomi kreatif Indonesia secara end-to-end, mulai dari sisi people, technology, dan process.

"Dari sisi People, Astragraphia telah siap memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan dengan tim yang kompeten di bidang digital printing, melalui serangkaian kegiatan edukasi, workshop dan training," ujarnya.

Sementara, Dari sisi Technology, Astragraphia didukung dengan solusi mesin digital printing Fuji Xerox dan mesin digital offset Fujifilm yang di pasarkan.

Dari sisi Process, Astragraphia memiliki printing showroom di mana publik dapat melihat proses cetak hingga finishing.

"Kami berharap ketiga hal diatas dapat dimanfaatkan oleh para pemilik usaha printing maupun end-user agar dapat meningkatkan pemahaman mengenai proses cetak yang mudah dan hasil cetak yang presisi serta meningkatkan nilai jual karyanya." tegasnya.
Editor:
Tag:

Kolom Komentar


Video

Agustus Target Komnas HAM Ungkap Kasus 21-22 Mei

Rabu, 10 Juli 2019
Video

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Kamis, 11 Juli 2019
Video

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Jumat, 12 Juli 2019