Dimensy.id
Apollo Solar Panel

NTUP Dan NTP Naik, Menteri Amran Dapat Jempol Dari Politisi Golkar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Minggu, 12 Mei 2019, 08:45 WIB
NTUP Dan NTP Naik, Menteri Amran Dapat Jempol Dari Politisi Golkar
Foto: Net
rmol news logo Kementerian Pertanian terus memperhatikan nasib kaum petani dengan naiknya nilai tukar usaha pertanian (NTUP) dan nilai tukar petani (NTP) periode April 2019.

Politisi Partai Golkar Endang Srikarti Handayani menilai kinerja Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman cukup serius memperbaiki kesejahteraan hidup petani.

"Menteri Amran selalu memperhatikan kesejahteraan petani. Di benaknya, jangan sampai petani sebagai berpenghasilan rendah dan akhirnya enggan meningkatkan produksi," ucap Endang, Minggu (13/5).

Dia menuturkan, meningkatnya NTUP dan NTP pada April lalu merupakan prestasi. Sebab, ada keseimbangan antara hasil petani dan kebutuhan hidup.

Menurutnya, capaian prestasi itu tentu saja bukan usaha yang mudah. Menteri Amran tentu memiliki jurus agar NTUP dan NTP terus meningkat.

Misalnya, melalui pemberian teknologi alsintan, subsidi pupuk maupun jaminan panen dengan asuransi. Kebijakan-kebijakan itu dinilai mampu memacu petani menghasilkan produksi komoditas secara baik.

Sehingga, lanjut Endang, panen produksi pertanian dapat terlaksana baik dan memberikan dampak keuntungan ekonomi kepada petani.

Pekan lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data kenaikan indeks NTUP dan NTP pada April 2019 sebesar 0,12 persen. NTP menjadi 102,23 sedangkan NTUP menjadi 111,13.

Salah satu faktor utama pemicu meningkatnya NTUP dan NTP pada April lalu adalah kemampuan Kementan menjaga stabilitas harga gabah kering di tingkat petani.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA