Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penerimaan Sektor Cukai Memenuhi Ekspektasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 09 Mei 2019, 10:49 WIB
Penerimaan Sektor Cukai Memenuhi Ekspektasi
Foto: Net
rmol news logo Penerimaan negara dari sektor cukai meningkat jauh lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Direktur Eksekutif Core, Mohammad Faisal mengatakan, peningkatannya cukup memenuhi ekspektasi.

"Tahun ini ada peningkatan penerimaan cukai sangat signifikan. Sepanjang triwulan pertama tahun ini realisasi penerimaan cukai mencapai 13 persen, jauh lebih tinggi dibanding triwulan satu tahun lalu yang hanya 5 persen," ungkap Faisal saat dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu, (8/5).

Pertumbuhannya selama triwulan 1 secara year of year (yoy) juga 167 persen. "Padahal tahun lalu hanya 16 persen," tambahnya.

Terkait rencana pemerintah yang akan mengenakan tarif cukai ke sejumlah produk seperti plastik, makanan dan minuman yang mengandung zat pemanis, Faisal menyarankan sebaiknya dipertimbangkan dulu.

Ini berkaitan dengan industri hilir makanan minuman yang memiliki sumbangan besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja nasional.

"Apalagi kita masih harus menjaga daya beli masyarakat. pengenaan cukai juga tidak akan efektif mengurangi penggunaan plastik dan konsumsi kalori atau gula oleh masyarakat, karena faktor yang paling berpengaruh terhadap konsumsi kalori masyarakat bukan di minuman berpemanis tapi konsumsi gula itu sendiri (yang diseduh dengan minuman teh/kopi) dan juga nasi?" jelasnya.

Menurut dia, secara umum harus diakui pemerintah cukup berhasil menggenjot sektor penerimaan negara dari sektor cukai.

"Kalau melihat di triwulan satu tahun ini sudah bagus. Tapi ingat, cukai itu fungsi utamanya adalah instrumen pengendalian terhadap barang-barang yang punya eksternalitas negatif," tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA