Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bisnis Digital 2018 Tumbuh 23% YoY dan Mengontribusi 63% Pendapatan Perseroan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 30 April 2019, 20:20 WIB
Bisnis Digital 2018 Tumbuh 23% YoY dan Mengontribusi 63% Pendapatan Perseroan
Logo telkom Indonesia/Net
rmol news logo Di tengah persaingan ketat dan kondisi bisnis yang penuh tantangan selama 2018, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 130,8 triliun. Praktis, angka tersebut tumbuh 2,0% dibanding tahun 2017.

Bisnis digital yang meliputi konektivitas broadband dan layanan digital menjadi mesin pertumbuhan Perseroan yang meningkat secara signifikan dengan angka 23,1%. Alhasil, kontribusi bisnis digital di tahun 2018 kian dominan menjadi 63,0% dari 52,1% di tahun 2017.

Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA) Perseroan 2018 tercatat Rp 59,2 triliun dengan laba bersih sebesar Rp 18,0 triliun. Beban operasi meningkat sebesar 12,5% menjadi Rp 71,6 triliun, sejalan dengan investasi pembangunan infrastruktur broadband, baik mobile maupun fixed line.

Di segmen Mobile, Telkomsel sebagai entitas anak usaha Telkom membukukan pendapatan sebesar Rp 89,3 triliun, EBITDA Rp 47,4 triliun, dan laba bersih Rp 25,5 triliun tahun 2018.

Di tengah bisnis seluler yang semakin menantang, Telkomsel mengimplementasikan berbagai inisiatif dengan menawarkan paket voice, paket SMS dan paket mobile data dengan berbagai varian konten digital, untuk menahan laju penurunan bisnis legacy sekaligus meningkatkan kontribusi pendapatan dari bisnis digital.

Program registrasi kartu SIM prabayar yang membatasi jumlah kartu SIM prabayar untuk setiap pelanggan menjadikan Telkomsel memiliki 163,0 juta pelanggan di 2018.

Sepanjang 2018, Telkomsel membangun 28.376 Base Tranceiver Station (BTS) baru yang seluruhnya berbasis teknologi 4G LTE sehingga di akhir tahun 2018 jangkauan 4G LTE lebih dari 90% populasi.

Lalu lintas layanan mobile data tahun 2018 meningkat 101,7% YoY menjadi 4.373.077 terabyte, yang terutama didorong oleh jumlah pelanggan data sebanyak 106,6 juta pelanggan atau 65,4% dari total pelanggan Telkomsel.

Basis pelanggan data, jumlah dan jangkauan BTS 3G/4G serta peningkatan lalu lintas data akan menjadi pondasi untuk pertumbuhan positif kinerja Telkomsel di tahun 2019.

Pada segmen Consumer, jumlah pelanggan IndiHome tumbuh 72,2% menjadi 5,1 juta pelanggan di akhir tahun 2018. Pencapaian ini semakin mengukuhkan IndiHome sebagai market leader bisnis fixed broadband di Indonesia dengan market share sekitar 80%.

Sebagai hasilnya, IndiHome mencatat kenaikan pendapatan sebesar 66,9% dan memberikan kontribusi sebesar 82,9% terhadap segmen Consumer, meningkat dari 62,2% pada tahun sebelumnya sehingga pendapatan segmen Consumer meningkat 25,1% menjadi Rp 13,9 triliun.

Tahun 2018, segmen Enterprise mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 10,1% menjadi Rp 21,1 triliun lantaran faktor layanan IT Service yang tumbuh sebesar 48,2%. Segmen Wholesale and International Business mencatat pendapatan sebesar Rp 10,1 triliun dengan pertumbuhan 35,6%, naik dari Rp 7,4 triliun pada tahun 2017. Kontribusi bisnis digital pada segmen ini di tahun 2018 meningkat menjadi 57% dari 53% di tahun 2017.

Total belanja modal pada tahun 2018 adalah sebesar Rp 33,6 triliun atau 25,7% dari pendapatan. Belanja modal tersebut terutama digunakan untuk meningkatkan kapabilitas digital dengan terus membangun infrastruktur broadband yang meliputi BTS 4G LTE, jaringan akses serat optik ke rumah, jaringan backbone serat optik bawah laut dan terestrial, Satelit Merah Putih dan Data Center & Cloud.

Sampai dengan akhir tahun 2018, Telkom telah memiliki total BTS sebanyak 189.081 unit dengan BTS 3G dan 4G LTE sebanyak 138.771 unit, sedangkan jaringan backbone serat optik mencapai panjang 161.652 km.

“Pencapaian sepanjang 2018 menunjukkan bahwa Telkom berada pada jalur yang tepat untuk menjadi Digital Telecommunication Company yang berkomitmen tinggi dengan memperkuat kapabilitas bisnis digital untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan pengalaman digital yang terbaik bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia,” ungkap Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga di Jakarta (30/4).

Alex makin optimis dengan pertumbuhan pendapatan bisnis digital 2018 yang mencapai 23,1% YoY yang mengkontribusi 63% pendapatan perseroan serta didukung investasi pada infrastruktur broadband yang berkelanjutan.

"Kami optimis Perseroan akan membukukan kinerja, baik pendapatan, EBITDA maupun laba bersih yang jauh lebih baik pada tahun 2019," tandasnya. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA