Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Program Rencana Kerja PLN Dievaluasi Secara Berkala

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 28 April 2019, 04:38 WIB
Program Rencana Kerja PLN Dievaluasi Secara Berkala
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pengembangan sistem tenaga listrik jangka panjang didorong oleh kebutuhan PLN untuk mempunyai rencana investasi yang efisien.

“Dalam arti PLN akan melaksanakan proyek infrastruktur ketenagalistrikan berpedoman pada RUPTL yang telah disahkan oleh pemerintah yang ditanda tangani oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral,” ujar Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah, Sabtu (27/4).

Menurut Dwi, hal ini penting dilakukan karena keputusan investasi di industri tenaga listrik akan dituntut manfaatnya dalam jangka panjang. Untuk mencapai hal tersebut, PLN menyusun sebuah dokumen perencanaan sepuluh tahunan ke depan dengan berpedoman pada Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) yang telah disyahkan.

“RUPTL meski disusun untuk jangka sepuluh tahun namun akan dievaluasi secara berkala setiap tahun dengan tetap mempertimbangkan keseimbangan kebutuhan permintaan tenaga listrik dan penyediaan pasokan listrik (demand dan supply) mengingat dalam pelaksanaannya perlu diselaraskan dengan pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Dengan adanya proyek strategis nasional yang berjalan tidak sesuai jadwal, lanjutnya, kendala di lapangan seperti perijinan, pendanaan, hingga waktu Commersial Of Date (COD) tidak seperti yang direncanakan. Kebijakan komposisi bauran energi primer PLN yang berkaitan dengan lingkungan hidup menurutnya juga perlu diatur kembali.

“Dengan hal tersebut maka pemerintah setiap tahun melakukan evalusi kembali atas RUPTL, evaluasi tersebut disusun berdasarkan permintaan tenaga listrik dari masing-masing propinsi /wilayah yang diagregasikan oleh PLN Pusat, dievaluasi oleh Kementrian ESDM dan disahkan oleh Menteri ESDM,” jelasnya.

Dwi jelaskan bahwa evaluasi tahunan ini dilakukan agar dapat menyajikan rencana pengembangan sistem yang mutakhir dan dapat dijadikan sebagai pedoman implementasi proyek-proyek tenaga listrik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA