Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaga Ketahanan Energi Sambut Bulan Suci Dan Hari Fitri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 26 April 2019, 22:32 WIB
Jaga Ketahanan Energi Sambut Bulan Suci Dan Hari Fitri
Foto: Communication & CSR Region Sumbagse
rmol news logo Tidak lama lagi umat Muslim akan bertemu kembali dengan Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriyah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Beragam aktivitas ibadah di saat Bulan Puasa dan kelak arus mudik dan balik lebaran untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman tentunya membutuhkan suplai energi yang baik.

Memastikan kebutuhan energi tidak mengganggu ibadah Puasa bagi yang menjalankan, Pertamina Region Sumatera Bagian Selatan terus berkomitmen menjaga distribusi dan keamanan stok di seluruh unit bisnisnya.

Komitmen ini dituangkan dengan pembentukan Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2019 yang akan berdedikasi menjalankan amanah menjaga ketahanan energi mulai H-15 hingga H+15 Idul Fitri 1440 H/2019.

Mulai dari kapasitas pengolahan, General Manager Refinery Unit III Plaju, Yosua I. M. Nababan memastikan kilang kebanggaan Sumbagsel ini siap mensuplai kebutuhan energi selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

"Seluruh produk, Premium, Pertamax, Biosolar, Avtur, LPG, dan Kerosene stoknya kami pastikan cukup dan dapat memenuhi kebutuhan energi masyarakat selama periode Satgas RAFI 2019,” tuturnya.

Yosua menambahkan, kini RU III Plaju per Maret 2019 juga sudah memproduksi 100 persen lifting B20 untuk didistribusikan.

"Totalnya sekitar 1.248 Million Barrel (MB) B20, semuanya didistribusikan ke Terminal BBM Kertapati sekitar 60 persen dan TBBM Panjang Lampung 40 persen,” jelas Yosua.

Dari sisi pemasaran, General Manager Marketing Operation Region II Sumbagsel, Primarini juga sudah melakukan pemetaan kebutuhan energi masyarakat berdasarkan analisis tren konsumsi dan juga pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan pemetaan tersebut, menurutnya Pertamina MOR II Sumbagsel sudah melakukan antisipasi untuk peningkatan kebutuhan BBM, LPG, dan Avtur selama Satgas RAFI 2019.

“Untuk BBM, jenis Gasoline seperti Turbo, Pertamax, Pertalite, Premium mengalami kenaikan sekitar 18.9 persen dari output hariannya, sedangkan Gasoil seperti Dex, Dexlite, dan Biosolar mengalami penurunan sekitar 13.4 persen. Hal ini merupakan hal yang wajar karena peningkatan mobil pribadi sebagai moda transportasi saat mudik dan balik Idul Fitri dan pelarangan sementara kendaraan berat melintas selama masa mudik dan balik ini," ujar Primarini.

Jika dilihat per produk Gasoline, Turbo akan mengalami peningkatan signifikan hingga 100 persen, Pertamax 38 persen, Pertalite 24 persen, dan Premium 7 persen.

Untuk Gasoil, Biosolar diperkirakan berkurang sekitar 14 persen, sedangkan Dexlite meningkat 9 persen dan Dex meningkat 42 persen, peningkatan Dexlite dan Dex dipicu penggunaan mobil pribadi bermesin diesel.

Menurut Primarini, lonjakan BBM nonsubsidi ini adalah bentuk perubahan budaya masyarakat yang telah cerdas memilih energi yang lebih baik untuk kinerja dan efisiensi mesin.

Melihat penggunaan lain yang pasti terjadi peningkatan adalah permintaan LPG untuk kebutuhan dapur selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

"LPG juga pasti terjadi peningkatan konsumsi. Untuk LPG PSO/Subisdi diperkirakan naik sekitar 9 persen sedangkan LPG NPSO/Non Subsidi sekitar 3 persen. Biasanya lonjakan akan terjadi mendekati Hari Raya Idul Fitri, karenya kami akan antisipasi dengan meningkatkan distribusi dari minggu-minggu sebelumnya," ujar Primarini.

Memastikan distribusi LPG dapat berjalan lancar, Primarini juga menyatakan bahwa MOR II Sumbagsel sudah menyiagakan beberapa agen dan pangkalan untuk beroperasi.

Di wilayah Sumbagsel saat ini terdapat 300 Agen LPG PSO dan 13.033 Pangkalan LPG PSO, dimana sebanyak 3.910 pangkalan ditunjuk sebagai pangkalan siaga. Untuk LPG NPSO, terdapat 55 Agen yang siap melayani masyarakat.

Kenaikan lain yang dapat terprediksi adalah kebutuhan Avtur karena pesawat sudah menjadi salah satu moda transportasi masyarakat modern. Di Satgas RAFI 2019 ini, prediksi peningkatan kebutuhan Avtur mencapai 29 persen.

"Tim Satgas RAFI 2019 akan siaga melayani 6 Bandara dan 99 penerbangan yang keluar masuk setiap harinya di bandara tersebut. Antisipasi lain selain distribusi Avtur yang lancar, seperti pengecekan truk pengisian dalam kondisi baik dan personil yang fit juga terus kami pastikan,” ungkap Primarini.

Baik Yosua maupun Primarini berharap bahwa seluruh usaha dan pelayanan distribusi energi bagi masyarakat ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1440H/2019.

"Kami bangga dapat melayani masyarakat. Dengan terjaganya ketahanan energi kami berharap masyarakat dapat menjalankan Ibadah Puasa dan Idul Fitri dengan nyaman dan tenang. Tidak lupa mewakili Pertamina di wilayah Sumbagsel kami mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Batin dan selamat menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan, semoga kemenangan menjadi milik kita semua di Idul Fitri kelak,” tutup keduanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA