Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Perempuan Sukses, Arisan Mapan Perkenalkan 21 Ketua Arisan Sosok #KartiniJuara

Jumat, 12 April 2019, 08:36 WIB
Dukung Perempuan Sukses, Arisan Mapan Perkenalkan 21 Ketua Arisan Sosok #KartiniJuara
rmol news logo Dalam rangka memperingati bulan Kartini, Arisan Mapan, jaringan arisan terbesar di Indonesia yang telah berhasil mewujudkan impian lebih dari 2,5 juta keluarga Indonesia, hari ini resmi meluncurkan kampanye #KartiniJuara.

Kampanye ini merupakan bagian dari program 1 Hari 1 Cerita, persembahan kumpulan kisah inspiratif para Ketua Arisan sebagai sosok pahlawan di Arisan Mapan. Berlangsung hingga tanggal 30 April nanti, akan ada 21 sosok Ketua Arisan Mapan yang terpilih mewakili sosok Kartini Juara masa kini bagi komunitas sekitarnya.

Di Arisan Mapan, mayoritas Ketua Arisan merupakan para perempuan yang datang dari berbagai latar belakang dengan prinsip gotong royong. Figur Ketua Arisan Mapan pun patut diakui sebagai sosok Kartini era masa kini yang turut andil dalam mandiri mengatur keuangan keluarga, memenuhi kebutuhan keluarga, hingga mewujudkan impian sesama. Sebagai wujud emansipasi wanita yang modern, para perempuan mandiri ini memiliki pemikiran yang sama dengan sosok R.A. Kartini, yaitu ingin menjadi lebih maju dan produktif.

CEO Mapan Hendra Tjanaka mengatakan, sosok Ketua Arisan memegang peranan penting dalam memberikan inspirasi dan mendorong pertumbuhan komunitas Arisan Mapan. Oleh karena itu, pihaknya terus berkomitmen untuk memberikan lebih banyak kesempatan bagi Ketua Arisan dalam mengembangkan dirinya dan juga jaringannya.

"Di bulan kelahiran Kartini ini, kami pun ingin memberikan apresiasi terhadap Ketua Arisan Mapan yang telah menjadi sosok Kartini masa kini bagi lingkungannya. Kami percaya 21 sosok inspiratif ini bisa menjadi perwakilan dari 200 ribu sosok Ketua Arisan lainnya yang memperlihatkan peranan penting seorang Ketua Arisan dalam mewujudkan impian keluarga Indonesia," kata Hendra.

Hingga kini, tercatat telah ada 200 ribu Ketua Arisan yang telah membantu mengembangkan komunitas serta memberikan dampak positif kepada lebih dari 2,5 juta keluarga Indonesia. Adapun 3 Ketua Arisan Mapan, yang juga menjadi salah satu #KartiniJuara, terpilih menjadi bagian dari Mitra Juara GOJEK 2019, ajang apresiasi dari GOJEK terhadap mitra yang telah berprestasi dan menginspirasi dalam dunia digital ekonomi.

Risyanti Dewi, Ketua Arisan asal Depok, yang terpilih menjadi salah satu Mitra Juara GOJEK, telah membantu mewujudkan impian lebih dari 300 anggotanya sejak tahun 2016. Selama perjalanan hampir tiga tahun ini, lingkungan sekitar tempat tinggal Ibu Dewi telah menjelma menjadi kampung 'Mapan' di mana hampir semua rumah di sekitarnya telah terisi dengan alat-alat kebutuhan yang diperoleh dari Arisan Mapan.

"Saya terharu melihat reaksi para anggota yang begitu senang ketika akhirnya bisa mendapatkan kebutuhan rumah tangga lewat Arisan Mapan, terlebih alat-alat kebutuhan yang sulit dijangkau jika harus membeli langsung. Ada anggota saya yang berprofesi sebagai pedagang bakso keliling ikut arisan untuk mencicil Laptop. Pedagang bakso ini ternyata memiliki impian agar anaknya bisa lebih maju dari bapaknya sehingga dibelikan laptop guna keperluan sekolah. Ada juga tetangga saya, masih duduk di kursi SMP, yang ingin belajar menabung lewat arisan untuk membeli sepatu sekolah baru. Saya berharap untuk terus bisa memberikan motivasi dan inspirasi kepada Ketua Arisan lainnya dalam mewujudkan lebih banyak impian keluarga Indonesia," kata Risyanti.

Neny, Ketua Arisan Mapan asal Banyuwangi berhasil merekrut lebih dari 250 anggota untuk mewujudkan impian bersama. Pemanfaatan teknologi pun membawa Ibu Neny untuk menjadi pengelola jaringan Ketua Arisan di Banyuwangi.

Astri, ibu dari dua anak yang merantau di Depok ini telah berhasil mengembangkan komunitas sejak 2016 serta mengajak ibu-ibu untuk mendapatkan alat-alat kebutuhan rumah tangga dengan lebih dari 200 Ketua Arisan Mapan bergabung di Kelurahan Pancoran Mas. Kini, Ia juga dipercaya untuk menjadi salah satu pengajar di Kelas Mapan, suatu wadah yang digagas oleh para Ketua Arisan agar bisa menjadi perempuan yang lebih maju, mandiri, dan produktif.

"Saya sangat senang dapat terus memberikan inspirasi dan berbagi pengalaman terhadap para Ketua Arisan lainnya apalagi dengan adanya Kelas Mapan yang sangat mendukung perkembangan komunitas Ketua Arisan Mapan untuk mewujudkan impian. Dan satu hal yang membuat saya senang, karena saya juga bisa buat bangga ibu saya," cerita Astri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA