Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Penggunaan EBT, PLN Bangun PLTS 2,9 MW Di Labuan Bajo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 12 April 2019, 09:57 WIB
Tingkatkan Penggunaan EBT, PLN Bangun PLTS 2,9 MW Di Labuan Bajo
Ignasius Jonan/Net
rmol news logo . Dalam upaya untuk memperluas akses listrik, khususnya daerah yang jauh dari instalasi PLN, maka solusi untuk penyediaan tenaga listrik tersebut adalah dengan cara mengembangkan pembangkit listrik komunal yang off-grid atau dikenal juga dengan nama micro-grid off grid.

Demikian disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dalam acara peresmian PLTMG MPP Flores 20 MW di Dusun Rangko, Labuan Bajo, NTT, Kamis (11/4).

"Menghadapi hal ini, PLN akan membangun PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) off-grid dengan total kapasitas sebesar 2.920 kWp (2,9 MW) di 11 lokasi tersebar wilayah NTT," ujar Jonan.

Jonan juga mengatakan bahwa Labuan Bajo merupakan daerah yang cocok untuk eco pariwisata, sehingga membutuhkan banyak penggunaan Energi Baru dan Terbarukam (EBT).

Pembangunan infrastruktur kelistrikan tersebut kedepan diyakini akan menarik investor dan mendorong pertumbuhan pariwisata di Labuan Bajo.

"Jika Labuan Bajo ingin menjadi eco pariwisata, maka udaranya harus bersih. Untuk itu, pembangkit listrik yang tepat adalah gas dan PLTS," demikian Jonan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA