Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mentan-Mendag Tempur Lagi?

Soal Bawang Putih

Selasa, 09 April 2019, 09:34 WIB
Mentan-Mendag Tempur Lagi?
Foto/Net
rmol news logo Suasana ego sektoral antara Kementerian Pertanian (Kementan) dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) di balik kisruh kebijakan impor bawang putih sulit ditampikan. Mentan dan Mendag "perang" lagi?
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

 Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mem­batalkan secara tiba-tiba rencana impor bawang putih. Padahal surat rekomendasi impor produk hortikultura yang selama ini ditunggu-tunggu sudah diter­bitkan Kementan.

"Belum ada rencana untuk impor bawang. Stok kita masih banyak. Saya juga sudah meminta kepada para importir membuka gudangnya untuk mengeluarkan stoka. Jadi saat ini bukan dalam kondisi emergency," ungkap Enggar di Karawang, Minggu sore (7/4).

Enggar menuturkan, pihaknya tidak mau impor bawang putih mengikuti keputusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Ombudsman, dan Ke­mentan.

"Saya ikuti betul Menteri Pertanian. Kasihan petani yang sudah menanam itu. KPPU dan Ombudsman juga menyampai­kan itu," ungkapnya.

Rencana impor bawang putih merupakan keputusan Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) dipimpin Menteri Koodinator Perekonomian Darmin Nasution pada Senin (18/03).

Keputusan itu diambil mem­pertimbangkan kelangkaan dan tingginya harga bawang putih. Rakortas menunjuk Pe­rum Bulog sebagai pelaksana impornya dengan kuota sebanyak 100.000 ton. Penunju­kan Bulog diprotes banyak ka­langan antara lain oleh KPPU. Kebijakan itu dinilai tidak adil karena perusahaan pelat merah tersebut tidak melakukan pe­nanaman bawang putih seperti importir lainnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian (Permen­tan) Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Rekomendasi Impor Produk Holtikultura, importir diwajibkan untuk melakukan penanaman bawang putih sebe­sar 5 persen dari total kuota impor.

Untuk memenuhi kebutu­han bawang putih, Kementan akhirnya mengeluarkan rekomendasi dengan menunjuk enam perusahaan importir. Namun, rekomendasi yang diberikan dengan jumlah kuota lebih sedikit dari keputusan Rakor­tas. Impor bawang putih mencapai 100.000 ton terlalu banyak sehingga dikhawatirkan bisa mengganggu upaya Kementan untuk mengembangkan perta­nian bawang putih.

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahardiansyah menilai, kisruh impor bawang putih cer­min buruknya koordinasi antara kementerian.

"Keputusan Enggar kontra produktif dengan Kementerian Pertanian yang sudah keluarkan rekomendasi impor. Juga kepu­tusan rakortas. Saat ini harga di pasar juga sudah tinggi," ungkap Trubus.

Trubus mendorong Menko Perekonomian Darmin Nasution untuk berperan lebih optimal. Kemenko Perekonomian harus bisa mensinergikan Kementan dan Kemendag.

Jika memang tidak jadi impor, Trubus meminta, Kemendag harus bisa membuktikan kalau stok bawang putih memang mencukupi. Tingginya harga bawang putih harus bisa segera diturunkan.

Seperti diketahui, Kementan dan Kemendag kerap terlibat perseteruan tentang kebijakan impor. Selain impor bawang putih, Kementan dan Kemendag tidak kompak saat mengambil kebijakan impor beras tahun lalu. Dua Kementerian tersebut seperti saling serang di dalam menyampaikan keterangan ke publik mengenai data pangan.

Naik Rp 1.000

Pengamat pangan dari Insti­tut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Sentosa tidak yakin stok bawang putih masih banyak di dalam negeri.

"Kalau saya amati, bawang putih terus bergerak, naik Rp 1.000 rupiah tiap minggu-nya. Itu menunjukkan kelangkaan stok," ungkap Dwi.

Dwi meminta, pemerintah segera mengguyur bawang putih ke pasar untuk menekan harga. Jika tidak harganya akan terus meningkat.

Menurut Dwi, seharusnya Kemendag tidak perlu menahan impor bawang putih. Karena pemenuhan komoditas itu se­lama ini sebagian besar memang berasal dari impor. "Yang dibu­tuhkan sekarang pengelolaan impor, bukan menahan impor. Jangan sampai harga terus naik," ungkapnya. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA