Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Listrik Menyala, Kini Asmane Bisa Bangun Malam Bikin Kue

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 07 April 2019, 14:44 WIB
Listrik Menyala, Kini Asmane Bisa Bangun Malam Bikin Kue
Asmane/Net
rmol news logo Gemerlap dan riuhnya malam menjadi suasana khas di Jakarta. Namun di sudut bantaran Sungai Ciliwung, tepatnya Kelurahan Balekambang Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, masih ada rumah warga yang belum terang benderang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Asmane, pemilik rumah itu, belum memiliki penerangan yang cukup ketika malam. Beberapa tahun terakhir, wanita kelahiran 55 tahun silam hidup dalam kondisi remang-remang.

“Ada satu lampu. Tapi hanya di dapur. Itu pun menyalur dari rumah anak,” kata Asmane yang tinggal bersebelahan dengan anaknya, Minggu (7/4).

Suaminya sudah lama meninggal, kini ia tinggal berdekatan bersama anak cucunya. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Asmane menjual aneka jajanan kue dan camilan. Terkadang, ia bekerja di rumah tetangga untuk memasak atau mencuci. Himpitan ekonomi membatasinya untuk mendapatkan listrik yang aman.

Asmane mengaku sangat bersyukur karena mendapatkan bantuan sambung listrik gratis dari PLN. Memang tak banyak yang dapat dilistriki di rumahnya. Banjir yang sering terjadi di bantaran Sungai Ciliwung telah menghabisi barang-barang elektronik Asmane. Namun, listrik membantunya beraktivitas di malam hari, terutama mempersiapkan dagangannya.

“Sekarang tinggal punya tv dan lampu saja. Tapi dengan listrik, saya bisa dagang lagi. Saya bisa bangun malam untuk membuat kue dan siangnya tinggal keliling jualan. Nanti puasa, mau sahur juga sudah enak, sudah terang bisa masak malam hari,” tuturnya dengan semangat.

Asmane adalah satu dari 300 warga di DKI Jakarta yang mendapat bantuan elektrifikasi dari PLN. Penyerahan bantuan secara simbolis diberikan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Ikhsan Asaad pada kegiatan yang bertajuk “Bersih-Bersih Kampung Sehat” di Kelurahan Balekambang Kecamatan Kramat Jati, Senin (1/4).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari HUT Kementerian BUMN. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA