Menteri ESDM Ajak Seluruh Stakeholder Tingkatkan Rasio Elektrifikasi NTT

Minggu, 24 Maret 2019, 23:25 WIB | Laporan: Elitha Tarigan

Menteri ESDM< Ignasius Jonan berkunjung ke NTT/ESDM

. Komitmen Pemerintah baik melalui Kementrian ESDM, BUMN, dan PLN untuk terus memberikan cahaya ke masyarakat hingga pelosok desa di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terus dilakukan.

Langkah ini dilakukan guna mewujudkan Indonesia terang dengan membangun infrastruktur ketenagalistrikan hingga pelosok terluar, tertinggal, dan terpencil.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan dalam kunjungan kerja di Maumere menyampaikan bahwa anggaran APBN adalah uang rakyat yang harus dikembalikan kepada rakyat dan harus berenergi keadilan sosial dari Sabang sampai Merauke dan Miangas sampai Rote.

“Ini kita dipercaya mengabdi kepada masyarakat, terutama dalam meningkatkan ratio elektrifikasi dengan memberikan cahaya listrik warga yang saat ini belum menikmati listrik,” ujar Jonan, Minggu (24/3).

Jonan mengimbau kendala yang dihadapi PLN dalam peningkatan rasio elektrifikasi di lapangan segera dilaporkan. Misalnya kesulitan dalam pengadaan lahan dan jalan yang akan dilewati jaringan listrik.

Dengan demikian, ia berharap kendala yang dihadapi PLN dapat segera diselesaikan bersama-sama baik melalui Pemerintah Provinsi, DPRD Provinsi, DPR RI, dan Kementrian ESDM.

"Salah satu strategi adanya terang di malam hari yaitu dengan pemasangan PJU bertenaga surya sebanyak 1.034 titik. Kalau tarik kabel jaringan listrik sulit, kita pemerataan bangunan pasang saja 13.000 bahkan 20.000 yang diminta anggarkan untuk NTT dan selain itu meningkatkan rasio elektrifikasi adalah dengan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) sebanyak 4.284 lampu", ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur NTT, Josef Nai Soi menyampaikan NTT itu adalah Nusa Terindah Toleransi.

"Kami hadir untuk memperjuangkan Jala (jalan, listrik, dan air). Saya yakin dengan datangnya direktur PLN agar lebih cepat rasio elektrifikasi naik dari 60%, lalu ke dua air (aman intim dan ramah) sangat diperlukan setiap harinya. Mari kita bahu-membahu untuk membangun NTT lebih sejahtera,” ungkapnya.
Editor: Diki Trianto

Kolom Komentar


Video

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Jumat, 12 Juli 2019
Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019