Dimensy.id
Apollo Solar Panel

UMKM Butuh Tiga Dukungan Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 21 Maret 2019, 07:31 WIB
UMKM Butuh Tiga Dukungan Pemerintah
Foto: Net
rmol news logo Dukungan pemerintah dibutuhkan bagi para pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa melakukan ekspansi ke luar negeri.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Ahmad Heri Firdaus mencatat ada tiga dukungan yang harus diberikan pemerintah.

Di antaranya, dukungan dari segi pembiayaan, persiapan keterampilan dan SDM pelaku UMKM

"Ketiga memberi akses yang luas untuk pemasaran, sehingga produksi ekspornya meningkat," terang Heri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/3).

Menurutnya, jaringan distribusi dan logistik masih menjadi kendala bagi UMKM, khususnya pembiayaan transportasi ekspor. Sehingga pemerintah perlu memberi fasilitas agar UMKM bisa eksis di luar negeri.

“Apalagi, produk UMKM yang ada di Indonesia punya kualitas yang baik. Di Yogya dan Jawa Barat, misalnya, ada industri padat karya yang berkualitas ekspor. Contohnya, tekstil dan kerajinan tangan,” tegasnya.

Senada dengan itu, aktivis penggiat hak-hak warga disabilitas, Anggiasari Puji Aryatie juga menilai ada tiga hal yang perlu didorong agar UMKM berkembang pesat.

Pertama, sambung politisi Nasdem tersebut, iklim usaha dan perdagangan yang nyaman, sehingga berefek kepada terbukanya lapangan pekerjaan yang lebih luas.

“Kedua, peningkatan kapasitas para pelaku industri kreatif melalui pelatihan dan pendampingan. Terakhir adalah pasar dan jejaring,” terang caleg dari dapil DIY itu.

Anggia menggarisbawahi agar pelaku UMKM mengikutsertakan kaum difabel dalam setiap bidang usaha yang digeluti.

"Teman-teman kaum difabel yang bergerak di bidang itu," ujar Anggia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA