Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Sistem Kelistrikan DKI Dan Bekasi, PLN Bangun Gardu Induk Muara Tawar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 05 Maret 2019, 19:43 WIB
Tingkatkan Sistem Kelistrikan DKI Dan Bekasi, PLN Bangun Gardu Induk Muara Tawar
Gardu Induk 150 KV Muara Tawar/RMOL
rmol news logo PT PLN (Persero) berkomitmen meningkatkan kehandalan listrik di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian dikatakan Senior Manager Pertanahan dan Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat Nyoman Puja Utama di Jakarta, Selasa (5/3).

"Khususnya Bekasi. Sebagai salah satu bentuk komitmen tersebut, PLN melaksanakan pembangunan Gardu Induk 150 kilovolt Muara Tawar yang dimulai sejak 28 Juni 2016," ujarnya.

Puja menjelaskan bila proyek gardu induk yang berlokasi di Desa Segara Jaya, Kecamatan Taruma Jaya, Bekasi mendapatkan suplai listrik yang dihasilkan dari PLTGU Muara Tawar. Dan diharapkan dapat mendukung kehandalan sistem di wilayah DKI dan Bekasi.

Proyek Gardu Induk 150 KV Muara Tawar pengerjaannya dilakukan oleh PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) dengan pelaksanaan oleh PLN Unit Pelaksana Proyek Jaringan Jawa Bagian Barat (UPP JJBB) 2. Pengoperasian Gardu Induk 150 KV Muara Tawar berkapasitas 2 X 60 MVA akan mendapatkan supply dari dua unit Interbus Transformator (IBT) 500 KV PLTGU Muara Tawar dan kemudian disalurkan ke empat gardu induk lainnya sebagai pendukung peningkatan kehandalan kelistrikan.

General Manager PLN UIP JBB Ratnasari Sjamsuddin menambahkan, pembangunan Gardu Induk 150 KV Muara Tawar ditargetkan selesai pada April 2019.  

"Scope dari proyek pembangunan di Muara Tawar ini terbagi menjadi dua proyek, GITET 500 KV Muara Tawar dan GI 150 KV Muara Tawar. Di mana khusus proyek GI Muara Tawar ini kami targetkan bisa beroperasi pada April 2019," paparnya.

Lanjut Ratna, proyek itu merupakan perwujudan nyata program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 Megawatt. Penyelesaian proyek Gardu Induk 150 KV Muara Tawar akan memberikan manfaat besar bagi keandalan sistem kelistrikan di DKI Jakarta dan Bekasi serta menyokong kebutuhan listrik masyarakat DKI Jakarta dan Bekasi yang terus bertambah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA