Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambung Listrik Gratis Untuk Warga Tidak Mampu Di Muara Gembong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 08 Februari 2019, 04:18 WIB
Sambung Listrik Gratis Untuk Warga Tidak Mampu Di Muara Gembong
Presiden Jokowi saat mengunjungi Muara Gembong/Net
rmol news logo Senyum mengembang di wajah Saiful setelah sekian lama dirinya hanya bisa menyantol atau sambung listrik tetangga.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kini Saiful bisa memiliki sambungan listrik sendiri.

"Saya senang sekali akhirnya bisa punya listrik sendiri, sudah tidak nyantol lagi dan tidak takut jeglek, sekarang sudah tidak waswas lagi pake peralatan elektronik," jelas Saiful usai mendapatkan bantuan listrik gratis Pemerintah melalui program Sinergi BUMN, Kamis (7/2).

Saiful adalah satu dari 309 warga di Kabupaten Bekasi yang mendapatkan bantuan sambung listrik gratis dari sinergi BUMN.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengunjungi Muara Gembong, Kabupaten Bekasi untuk melihat dan memastikan secara langsung penyambungan listrik gratis sinergi BUMN untuk 309 kepala keluarga. Kunjungan ini merupakan lanjutan dari rangkaian acara Program Sambung Listrik Gratis yang diinisiasi oleh 34 BUMN.

Untuk saat ini rasio elektrifikasi Kabupaten Bekasi sudah mencapai hampir 100 persen tapi masih ada 11 ribu kepala keluarga memperoleh listriknya dari rumah tetangga. Karena mereka tidak mampu membayarkan biaya penyambungan listrik sebesar Rp 1 juta.

"Untuk itu melalui program pemerintah ini kami harapkan bisa membantu warga yang sebelumnya nyantol sehingga bisa mendapatkan sambungan listrik secara langsung," ujar Direktur PLN Sofyan Basir.

Pemasangan listrik gratis tentunya meringankan warga yang sebelumnya ketika masih nyantol mereka harus membayar Rp 40 ribu-Rp 50 ribu untuk tiga bola lampu saja. Tapi sekarang dengan pasang listrik sendiri warga cukup membayar Rp 20 ribu-Rp 30 ribu untuk lampu dan peralatan listrik lainnya tanpa takut jeglek atau putus listrik.

Program tersebut merupakan program nasional seluruh Indonesia. Di Jawa Barat sudah tersambung 105 ribu rumah dari target 235 ribu rumah. Secara nasional, sebanyak 1,2 juta kepala keluarga akan memperoleh sambungan listrik gratis secara bertahap. [wah] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA