Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PLN Sambung Listrik Gratis 1.000 Keluarga Di Jepara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 08 Februari 2019, 01:42 WIB
rmol news logo PT PLN (Persero) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan program penyambungan listrik gratis bagi 1.000 warga tidak mampu di Kabupaten Jepara.

Didampingi Executive Vice President Regional Jawa Bagian Tengah PLN Purnomo Jaya, Ganjar menyalakan secara simbolik listrik salah satu rumah warga di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri.

Melalui program CSR PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, penyambungan listrik dimulai sejak November 2018 hingga kuartal pertama 2019 dengan daya 900 Volt Ampere (VA). Sasarannya adalah masyarakat tidak mampu di 20 desa di Kabupaten Jepara.

Hingga saat ini telah tersambung 528 rumah tangga miskin di 10 desa, yaitu desa Tubanan, Kaliaman, Kancilan di Kecamatan Kembang. Juga desa Bondo, Wedelan, Banjaragung, Srikandang, Papasan di Kecamatan Bangsri. Selanjutnya desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji dan desa Blingoh, Kecamatan Donorojo.

Sedangkan 10 desa yang akan disambung adalah Desa Jinggotan, Kecamatan Kembang, Desa Somosari dan Batealit di Kecamatan Batealit. Selain itu juga ada Desa Pancur, Bungu, Bandung dan Pule di Kecamatan Mayong. Juga Desa Bategede kecamatan Nalumsari, Menawan Kecamatan Gebog, dan Banyuputih di Kecamatan Kalinyamatan.

Data penerima sambungan baru diperoleh dari Basic Data Terpadu (BDT) Kementerian ESDM 2016 dengan dilakukan survei ulang oleh PLN dan Pemkab Jepara ke rumah warga, sehingga bisa dipastikan bantuan tepat sasaran.

Dengan kegiatan pemasangan listrik gratis diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menambah rasio elektrifikasi khususnya di Jateng.

Salah satu warga penerima manfaat di Desa Bondo bernama Kasnoto. Bapak tiga anak itu mengatakan dirinya kini bisa bekerja lebih lama dan anak-anaknya bisa belajar di malam hari.

Selain penyambungan listrik gratis, PLN juga telah membagikan 3.000 paket nutrisi untuk anak sekolah di ring satu PLTU Tanjung Jati B sebagai bentuk kepedulian kepada generasi muda. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap empat bulan. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA