Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Investor Lebih Khawatir Ekonomi Global Ketimbang Risiko Politik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 31 Januari 2019, 09:36 WIB
Investor Lebih Khawatir Ekonomi Global Ketimbang Risiko Politik
Damhuri Nasution (kanan) selaku Kepala Danareksa Research Institut dalam acara mengenai paparan survei Katadata Investror Confidence Index (KICI) bersama Katadata di Jakarta
rmol news logo Kalangan investor institusi lebih mengkhawatirkan kondisi ekonomi global ketimbang faktor politik domestim menjelang Pemilihan Umum serentak pada 17 April 2019.

Kekhawatiran tersebut terungkap dari hasil survei kepada 172 investor institusi yang mengelola dana lebih dari Rp 500 triliun.

"Sebanyak 40,1 persen investor institusi menjadikan ekonomi global sebagai faktor risiko yang paling dikhawatirkan," kata Panel Ahli Katadata Insight Center (KIC), Damhuri Nasution di acara Press Talk “Peluang dan Risiko Investasi Jelang Pilpres di Jakarta, kemarin.

Investor yang mengkhawatirkan kondisi politik domestik sebanyak 25,6 persen dan kondisi keamanan 20,3 persen. Sedangkan, investor yang menjadikan kondisi ekonomi dalam negeri sebagai faktor risiko hanya 4 persen.

Damhuri menjelaskan berdasarkan hasil survei tersebut dapat diketahui keyakinan investor institusi terhadap kondisi ekonomi dan pasar keuangan pada saat survei dilakukan (Desember 2018) dan tiga bulan ke depan (Januari �" Maret 2019).
Gambaran persepsi atau keyakinan investor tersebut disusun dalam Katadata Investor Confidence Index (KICI).

Dari indeks ini bisa diketahui apakah investor cenderung pesimistis atau optimistis dalam melihat perkembangan ekonomi dan pasar keuangan.

Sedangkan, jika di atas 101-200, maka persepsi investor terhadap ekonomi dan pasar keuangan sedang optimistis.

Angka indeks 100 dikategorikan netral. Investor yang dimaksud adalah Manajer Investasi, Asuransi dan Dana Pensiun.

Menurut Damhuri, dari hasil survei triwulan I 2019 menunjukkan indek KICI berada pada level 139,1.

Angka ini menandakan bahwa sebagian besar investor institusi optimistis melihat kondisi ekonomi dan pasar keuangan Indonesia pada saat ini (Desember 2018) dan 3 bulan ke depan.

"Bahkan, dana pensiun lebih optimistis dibandingkan manajer investasi dan asuransi melihat prospek tiga bulan ke depan," ujar pria yang juga menjabat sebagai Head of Danareksa Research Institue tersebut.

Meski cenderung optimistis terhadap kondisi ekonomi dan pasar keuangan, menurut Damhuri, faktor ekonomi global memang menjadi perhatian utama para investor.

Mereka khawatir karena kondisi ekonomi global menujukkan tren melambat sering merebaknya perang dagang Amerika Serikat (AS) -Tiongkok dan normalitas kebijakan moneter AS.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA