Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mantan Wantimpres: Batam Sepatutnya Jadi Daerah Khusus Ekonomi Dan Bisnis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 21 Januari 2019, 16:37 WIB
Mantan Wantimpres: Batam Sepatutnya Jadi Daerah Khusus Ekonomi Dan Bisnis
Foto: Net
rmol news logo Jika Indonesia ingin punya daerah kawasan industri yang berdaya saing dan kompetitif dengan negara lain maka harus ada daerah yang diberikan wewenang khusus untuk mengakomodir itu semua.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Sudah sepatutnya Batam diberikan wewenang penuh untuk menjadi daerah khusus ekonomi dan bisnis untuk menyaingi negara-negara lain seperti Singapura," kata pakar hukum tata negara yang juga mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Jimly Asshiddiqie di Jakarta, Senin (21/1).

Bentuk kekhususan itu menurut Jimly, semisal dengan melebur Pemerintah Daerah (Pemda) dan Badan Pengelola (BP) Batam menjadi satu, sehingga tidak terjadi dualisme.

Namun dengan catatan, pimpinan yang dipilih bukan lewat Pilkada melainkan profesional dari praktisi atau eksekutif bisnis yang dibawahi bawah langsung oleh pusat.

"Pucuk pimpinannya jangan dari orang-orang politik yang dipilih lewat Pilkada. Karena jika dari partai politik kebijakan yang diambil menyesuaikan kebutuhan bukan berdasarkan kepentingan ekonomi," jelasnya.

Untuk itulah dibutuhkan payung hukum yang kuat berupa UU, bukan Peraturan Presiden (Perpres) maupun Peraturan Pemerintah (PP).

"Saya ingin Pemerintah dan DPR duduk bersama, membahas Batam secara komperehensif. Jangan memutuskan sesuatu secara instan," ujarnya.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA