Mantan Wantimpres: Batam Sepatutnya Jadi Daerah Khusus Ekonomi Dan Bisnis

Senin, 21 Januari 2019, 16:37 WIB | Laporan: Widya Victoria

Foto: Net

Jika Indonesia ingin punya daerah kawasan industri yang berdaya saing dan kompetitif dengan negara lain maka harus ada daerah yang diberikan wewenang khusus untuk mengakomodir itu semua.

"Sudah sepatutnya Batam diberikan wewenang penuh untuk menjadi daerah khusus ekonomi dan bisnis untuk menyaingi negara-negara lain seperti Singapura," kata pakar hukum tata negara yang juga mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Jimly Asshiddiqie di Jakarta, Senin (21/1).

Bentuk kekhususan itu menurut Jimly, semisal dengan melebur Pemerintah Daerah (Pemda) dan Badan Pengelola (BP) Batam menjadi satu, sehingga tidak terjadi dualisme.

Namun dengan catatan, pimpinan yang dipilih bukan lewat Pilkada melainkan profesional dari praktisi atau eksekutif bisnis yang dibawahi bawah langsung oleh pusat.

"Pucuk pimpinannya jangan dari orang-orang politik yang dipilih lewat Pilkada. Karena jika dari partai politik kebijakan yang diambil menyesuaikan kebutuhan bukan berdasarkan kepentingan ekonomi," jelasnya.

Untuk itulah dibutuhkan payung hukum yang kuat berupa UU, bukan Peraturan Presiden (Perpres) maupun Peraturan Pemerintah (PP).

"Saya ingin Pemerintah dan DPR duduk bersama, membahas Batam secara komperehensif. Jangan memutuskan sesuatu secara instan," ujarnya.[wid]
Editor:

Kolom Komentar


Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019
Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019