Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aksi Kubur Diri Buruh Sopir Tangki Berlanjut Di Depan Istana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 10 Januari 2019, 11:07 WIB
Aksi Kubur Diri Buruh Sopir Tangki Berlanjut Di Depan Istana
Foto: RMOL
rmol news logo Hujan deras mengguyur ratusan pekerja yang tergabung dalam Awak Mobil Tangki (AMK) di PT Pertamina, yang pilih bertahan di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, sejak kemarin (Rabu, 9/1).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Semalaman suntuk mereka tidak tidur menanti kabar baik dari Istana. Menginap di situ meski hanya beratapkan terpal biru yang dijadikan tenda.

Pagi ini (Kamis, 10/1) masih di depan Istana Negara, sebanyak 20 orang perwakilan AMK yang sudah kubur diri dan kemungkinan akan terus bertambah.

Koordinator aksi AMT, Legiran menyampaikan, tahun ketiga ini, mereka masih memperjuangkan upah lembur yang tak kunjung diberikan.

Para pekerja yang masuk kategori pekerja BUMN itu pun tidak mengerti lagi bagaimana menuntut hak-hak mereka, selain menggelar aksi unjuk rasa.

"Tidak direspon. Kami akan terus aksi sampai tuntutan kami dipenuhi," ujar Legiran.

Ada sebanyak 2119 awak mobil tanki yang tidak mendapatkan upah lembur selama dua tahun lebih. Menurut dia, semuanya bekerja di sekitar Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara dan di beberapa bagian yang diperintahkan.

Sebelum aksi-aksi menginap di kantor Kementerian BUMN dan Istana Negara, kata Legiran, mereka juga sudah pernah menggelar aksi mogok.

Aksi mogok itu dilakukan di depan salah satu jembatan Terminal BBM Plumpang hingga 26 Juni 2017 lalu.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA