Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Darmin: Pasar Modal Bukan Sekedar Pelengkap Pembiayaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 02 Januari 2019, 12:57 WIB
Menko Darmin: Pasar Modal Bukan Sekedar Pelengkap Pembiayaan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution/Net
rmol news logo . Satu hal yang perlu menjadi perhatian di pasar modal adalah pentingnya menjaga integritas.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat membuka Perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2019, di Jakarta, Rabu (2/1).

"Apalagi di tengah gejolak ekonomi saat ini, kasus akan makin banyak, dispute makin banyak, di situlah integritas pasar modal kita diuji," ujar Darmin.

Lanjut dia, pilar pertama dari integritas yang dimaksud yakni good governance di masing-masing pemangku kepentingan, pilar integritas kedua dan ketiga yaitu ada di auditor dan regulator, dimana regulator berperan sebagai "penjaga gawang", yakni menegakkan aturan main terhadap pelanggaran di pasar modal.

"Dengan demikian, pasar modal bukan lagi sekedar menjadi pelengkap pembiayaan, melainkan benar-benar menjadi salah satu pilihan utama dalam membiayai usaha, di samping pembiayaan perbankan," tegas Darmin.

Selain itu, hal penting lainnya adalah upaya pendalaman pasar keuangan. Perluasan variasi produk pasar dimana modal dapat meningkatkan jumlah dan kualitas investor. Hal ini pada akhirnya dapat berkontribusi dalam menjaga stabilitas pasar keuangan secara keseluruhan.

"Upaya-upaya literasi dan inklusi produk pasar modal pun harus terus dilakukan kepada seluruh masyarakat. Tentunya dengan menyampaikan informasi yang lengkap dan berimbang. Kita harus meyakinkan masyarakat untuk mau berinvestasi di pasar modal," tutup Darmin. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA